Sunday, September 30, 2012

Kondisi Kritis Ciby

30-9-2012.
Kalo gw boleh merequest, gw gak pengen hari ini ada :(

Kejadiannya tadi pagi, ketika gw pengen siap-siap ke gereja.
tiba-tiba mama tereak-tereak suruh gw cepetan mandinya, katanya biby lagi kritis, gw pikir biby paling cari perhatian lagi, seperti yang sudah-sudah, jadi gw agak santai dan masih berlama-lama milih baju depan lemari, tapi gak lama berselang si ooy tereak-tereak juga "Ibu, dede, ini ciby kenapa nih, koq kejang-kejang" sumpah suasana jadi histeris banget, nyokap yang panikan langsung panik, gw yang kaget gak lagi milih baju, malah langsung pake baju yang kemarin, gw langsung turun, dan benar gw mendapatkan kenyataan biby yang lagi kejang-kejang, seketika pikiran gw langsung kacau, antara gak tega dan ngebayangin sesuatu yang buruk terjadi sama biby.
refleks gw langsung panggil nyokap buat temenin ke klinik hewan terdekat, gw langsung keluarin motor dan tancep gas, karena gw takut banget biby kenapa-kenapa, gini biar gw kasih gambaran kondisi biby tadi, dia kejang-kejang, matanya udah tinggal putih dan mulutnya udah kebuka, padahal sehari sebelumnya biby masih sehat dan masih lari-lari, rasanya bawa motor pun udah kacau sampe nyokap bilang "tenang dong, jangan sampe biby selamat tapi kita yang gak selamat" nyokap bilang gini setelah gw nyaris nyerepet motor dengan gigi 3, jadilah gw berusaha menenangkan pikiran gw dulu.

Sampe di klinik hewan terdekat, nyokap langsung suru dokternya periksa, si dokter yang masih nanya-nanya gejala-gejala sebelumnya langsung bilang "oke, ini udah pasti distemper, kemungkinan matinya 100%."
gw langsung shock.
gw pernah baca tentang virus ini yang memang menyerang anjing, dan gw gak nyangka kalo sekarang biby yang kena, dan yang lebih menyedihkannya lagi dokter bilang ini udah stadium akhir, bahkan kemungkinan matinya 100%, pikiran gw blank, dan rasanya gw pengen nangis saat itu juga.
ini anjing pertama dan beberapa gejala distemper sebelumnya gak gitu gw hiraukan karena emang gak punya pengalaman yang cukup untuk melihara anjing.
yah, kalian udah baca kan post sebelumnya, dimana gw masih bercerita tentang ciby yang lucu dan periang, tapi hari ini tiba-tiba kondisinya drop dan nyaris mati.
gw langsung bilang "dok usahain yang terbaik" dan si dokter langsung menyuntik biby dengan 3 suntikan plus 1 infusan, biby langsung bangun dan nangis, gw bener-bener bisa ngerasain sakitnya, dia gak bisa ngomong cuma bisa nangis sambil kejang-kejang, kalo boleh jujur gw sendiri berasa sakitnya, pasti gak akan kebayang dibenak kalian, tapi biar gw jelasin garis besarnya, jika kalian punya seekor anak anjing, yang lucu, suka bertingkah, suka manja, gembul, selalu temenin kalian, dan kalo kalian pulang dia yang sambut, dan selalu pengen main dengan kalian (sampe disini kebayangkan betapa sehatnya biby) dan sekarang kalian menyaksikan anak anjing itu kejang-kejang, meregang nyawa, dan cuma bisa nangis ngeliat kearah kalian sambil minta tolong, tapi kalian gak bisa berbuat apa-apa, gimana rasanya?
that's what I felt.
gw sedih banget, tapi karena udah menandatangani surat rawat inap buat biby, dokternya mempersilahkan untuk pulang, dan gw sama nyokap memutuskan untuk ke gereja.

Pulang dari gereja, gw bbm koko, katanya selesai dia dari gereja, dia bakal jengukin biby, dan koko bilang biby udah balik ke rumah. sampe di titik ini gw berpikir biby udah sehat dan at least masa kritisnya udah lewat, tapi ternyata pas gw sampe rumah, gw mendapatkan keadaan yang berbeda 180% derajat dengan perkiraan gw, kondisi biby malah merem dengan keadaan kaku dan mulut nganga, sontak gw langsung omelin koko, dan menuntut pertanyaan kenapa biby dibawa pulang dengan keadaan kayak gitu, koko bilang disana biby dicampur dengan anjing-anjing yang juga terkena distemper, dan dia khawatir biby bakalan tambah parah, tapi menurut gw membawa pulang biby dengan keadaan demikian pun gak bener.
gw langsung bilang kita bawa aja ke klinik hewan yang lain, meskipun koko gak mau, tapi gw tetep maksa untuk bawa biby ke dokter lain, sampe di dokter, si dokter juga bilang kurang lebih sama dengan dokter yang pertama kalo biby udah hopeless, tapi gw tetep minta kasih penanganan yang terbaik, dan akhirnya si dokter kasi obat-obatan yang gak terlalu mahal, dan menyuruh biby pulang, entah kenapa gw berasa kalo si dokter ini pasti udah putus harapan sampe dia gak berani kasi biby obat yang mahal, dan menyuruh biby pulang, sampe dirumah gw dan koko cuma menemani biby melewati masa kritisnya sambil sesekali ngajak biby ngomong untuk kasih semangat ke dia, di dalem hati gw cuma bilang ke Tuhan "Tuhan semua yang bernyawa itu kepunyaanMu, aku percaya akan mujizatMu, bukan kata dokter, satukan penderitaan biby dengan penderitaanMu, karena engkau maha pengasih." gw cuma selalu mengucapkan kata-kata itu sambil sesekali memohon agar Tuhan mau menyatukan penderitaan biby dengan penderitaanNya di salib, dan berharap yang terbaik untuk biby.

Gak lama pas gw mau bawa biby ke dokter lagi, biby udah sembuh dan bisa lari-lari, gw bener-bener shock sambil kegirangan, tapi gw sama koko gak mau terlalu terlena, dan akhirnya kita bawa biby lagi ke dokter yang terakhir.
sampe disana respond si dokter bener-bener gak percaya, hanya selang beberapa jam kondisi biby udah beda banget, sampe akhirnya si dokter merekomendasikan obat china yang agak mahal tapi katanya sih bagus, apapun demi kesembuhan biby, dan sekarang biby lagi masa pemulihan, gw pribadi meminta para bloggers yang baik hati untuk ikut mendoakan kesembuhan biby, biar dia bener-bener bisa pulih seperti semula, amin.

saat-saat Biby kritis.

0 comments:

Post a Comment