Tuesday, April 30, 2013

Make It Simple

Jadi ceritanya minggu kemarin itu merupakan minggu dimana titik jenuh gw udah sampe puncak.
gw jenuh dengan segala yang ada, jadi lebih sensitif dan gampang gak puas, sampai puncaknya gw bilang ke jessica (temen kampus gw) "jess, kenapa sih belakangan ini gw merasa hidup gw hambar banget, gw bosen, berasa labil, berasa gak puas sama semuanya, berasa banyak banget kekurangan di hidup gw, gw jadi gampang marah, tersinggung dan merasa kalo semua yang gw punya belom ada apa-apanya, apa setiap orang yang memasuki fase umur 20 ngerasain hal yang sama kayak gw?" (sampai disini gw mulai mencari-cari kesalahan tentang perasaan gw ini). dan jessica cuma jawab "udah let it flow aja melie, kadang emang gak seperti yang kita harapkan, tapi biarin mengalir aja."

yahh, semua perasaan itu yang gw rasakan di akhir minggu kemarin dan gw bener-bener merasa jadi anak labil, gw mencari-cari kekurangan di hidup gw, mulai menyalahkan ini dan itu, mulai memikirkan hal-hal yang harusnya gak perlu gw pikirkan, selalu mencari kesalahan di setiap keadaan, dan pokoknya hal-hal yang seharusnya gak perlu serumit itu dipikiran gw. rasanya renungan, dan segala bentuk doa mulai dari novena sampe rosario juga gak mempan membuat keadaan gw jadi lebih baik, malah ketika abis doa dan renungan gw masih berasa hambar, dan mulai menyalahkan Tuhan, HA!

Sampai tiba di hari sabtu kemarin saat gw temenin mama di pasar, disana gw ketemu kakek-kakek gitu ceritanya yang tiba-tiba nyamperin gw, nepuk bahu gw dan bilang "hidup ini sederhana koq." sontak gw kaget, soalnya gw lagi sambil ngelamun juga nemenin mama belanjanya, dalem hati gw kenapa malah jadi banyak orang aneh berkeliaran gini sih jaman sekarang. dia ngomong "kamu mau cari apa di hidup kamu?" gw bilang aja "mau jadi orang sukses biar bisa nyenengin mama sama papa." (gw tau ini jawaban yang klasik banget, karena jujur aja udah males juga ngeladenin orang yang gak gw kenal apalagi kakek-kakek, kalo cowok ganteng sih mungkin gw bakalan jawab "dapetin hati kamu..." oke terdengar terlalu kecentilan), balik lagi ke point awal, si kakek bilang "banyak orang kaya tapi gak bisa nikmatin hasil kekayaannya, saya punya temen dia biasa bawa mobil (nama dan jenis mobil disamarkan demi menghindari iklan colongan) manual, terus dia bingung uangnya mau dikemain akhirnya beli mobil fort*ner yang matic biar bisa nikmatin uangnya, pas udah ganti dia berasa semua jalan jadi lebih kecil, bawa mobil jadi ketakutan, takut nyerempet, takut nabrak, bawa mobil jadi kagok, kalo jalan kenceng berasa suka ilang kendali, akhirnya itu mobil dijual lagi, dia balik lagi ke mobil lamanya yang manual, terus jadi gak berasa ketakutan sekarang kalo bawa mobil, ada lagi yang lain punya rumah sama ruko dimana-mana, pas dia meninggal anak-anaknya pada gak beres semua rumah sama rukonya abis dijual, dulu waktu dia hidup dia gak nikmatin, uang cuma di kumpulin bilang buat anak-anaknya biar bisa hidup enak, sekarang kalo dia masih hidup gimana perasaan dia kalo liat rumah sama rukonya udah abis dijual sama anak-anaknya, percuma juga dulu gak dia nikmatin, udah meninggal anak-anaknya juga pada gak beres. satu lagi ada yang bela-belain beli ruko 6M, pinjam uang sana-sini, pinjam bank bunga berbunga, akhirnya stress, punya ruko mahal-mahal juga gak bisa kasih kebahagiaan, saya sampe bilang ke dia dengan uang 6M itu saya bisa bangun rumah kayak istana terus bisa saya nikmatin. hidup ini sederhana koq, asal cukup dan disyukuri, jangan cari-cari kekurangan, perjalanan masih panjang." sampe si kakek selesai, mama juga udah selesai beli barangnya, gw cuma manggut-manggut aja abis itu pamit sama si kakek. sampe akhirnya gw sadar, itu kakek dateng darimana sih koq bisa tiba-tiba gitu dateng kasih wejangan ke gw, emang sih terdengarnya nasehat dia itu agak weird tapi masuk akal juga, satu kata yang masih terngiang-ngiang di kepala gw "hidup itu sederhana koq" yang akhirnya membuat gw berpikir mungkin hal-hal yang membuat gw stress dan frustasi belakangan ini karena gw berpikir terlalu rumit tentang hidup gw, seharusnya gw sadar kalo "asal serba cukup"-nya si kakek yang bisa membuat kita hidup dengan sederhana.
serius sampe gw menulis post ini gw masih gak tau si kakek itu siapa, dateng darimana, dan kenapa tiba-tiba dia ngomong gitu ke gw, apakah karena tampang gw saat itu terlihat sangat frustasi dengan hidup gw, atau apakah tampang gw saat itu terlihat suram *sighs*

Malemnya gw merenung dan betanya-tanya lagi dalem hati "mel, lu sebenernya mau apa dihidup lu?" dan suara hati gw yang lain menjawab "gw mau sukses.", terus suara hati yang pertama nanya lagi "tapikan definisi sukses itu ambigu, cakupannya terlalu luas" hemmm bener juga ya, sukses itu terlalu ambigu sampai gw megerucutkan lagi arti kata sukses itu dan gw jawab "oke gw mau sukses ngebawa mama dan papa keliling dunia dengan hasil kerja keras gw nanti" that's success according to me :)
just ask, kalo bisa dapetin hati pangeran harry itu bisa di kategorikan sukses juga gak?
koq antara sukses dan ngarep terdengar jadi beda tipis gini yaa..

0 comments:

Post a Comment