Tuesday, May 14, 2013

Nostalgila

Ini tentang cerita masa kecil gw.

Ide post kali ini akan dimulai dari seorang keponakan yang melihat tantenya main iPad dan dia berpikir kalo tablet yang satu ini setara dengan gameboy pada masa kecil gw.
Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu gw pergi ke rumah sepupu gw, disana sambil iseng-iseng (lebih tepatnya karena bosan gak ngapa-ngapain) gw mengeluarkan computer tablet gw sambil baca berita (maklum gw anak yang cukup kepo dengan urusan politik dan berita-berita seputarnya, terlepas dari berita gosip ala-ala infotainment, lol.) sambil baca-baca di epaper nya kompas, keponakan gw dateng dengan raut wajah memelas sambil bilang "kukuh mau dipijitin gak?", muka gw langsung mengerut sambil berpikir tumben-tumbenan nih anak mijitin paling minta choki-choki lagi kayak waktu itu, worth it lah kalo choki-choki dibayar pijitan (pikiran gw saat itu), "kamu mau minta apa sama kukuh?" (to the point gw nanya dulu ke ini anak), dan dia bilang "pinjem mainannya kuh", gw makin bingung mainan apa yang gw punya sampe ini anak semurah ini menawarkan jasa pijitnya ke gw, dan dari matanya gw udah melihat pandangan dia merujuk ke arah iPad gw, "ini maksudnya?" (sambil nunjukin iPad gw nanya lagi ke dia), dan dengan senyum kemenangan karena signalnya berhasil gw tangkap dia bilang "iya! satu game satu pijitan gimana?" (dia masih berusaha nawar), gw perjelas lagi "satu game, satu pijitan? pijitannya berapa menit?" dia diem, dan bilang "kalo aku injekin kukuh berarti satu kali jalan, menitnya nanti tergantung lamanya aku jalan" (gw mulai merasa dibodohi dengan anak kencur satu ini). dengan muka datar gw bilang "kalo kukuh minta diinjekin sepuluh kali berarti kamu main sepuluh game, satu kali jalan paling setengah menit, nah kalo main game sampe game over bisa lima menit lebih, gak ada pilihan yang lebih enak apa?", muka dia manyun, ninggalin gw sambil tereak "kukuh pelit!", sumpah ini anak cumi gw kan cuma mencari sebuah solusi yang win-win, kenapa jadi dia yang lebih galak? ini sebenernya yang tante yang mana yang keponakan yang mana sih, koq galakan dia *mikir*

Setelah anak cumi bau kencur itu sukses meninggalkan gw, gw lanjut lagi dengan berita di depan gw, sambil sedikit berpikir, dia bilang iPad gw ini mainan, bahkan sebenernya ini iPad fungsinya lebih dari sekedar buat main angry bird sama tample run menurut gw, tapi di mata keponakan gw, ini gak lebih dari sekedar "mainan", dulu jaman gw sekecil dia yang namanya mainan buat gw itu bekel, congklak, tazoz, bola, monopoli, uler tangga, halma, ludo, paling mewah mainan gw dulu itu nitendo, gameboy dan playstation, tapi anak sekarang mainannya udah iPad aja.

Kejadian ini sempat membuat gw balik ke masa lalu gw, saat gw masih kecil.
gw inget bagaimana gw menghabiskan masa kecil gw dengan seorang koko dan bagaimana pengalaman-pengalaman itu masih membekas dalam diri gw, gw bersyukur karena gw tidak termasuk dalam jajaran anak yang memiliki masa kecil yang kurang bahagia, karena koko gw selalu berusaha membahagiakan gw, gw bersyukur karena orang tua gw cukup memberikan warna di masa kecil gw (jujur gw bukan anak yang kekurangan dari sisi financial, orang tua gw selalu memberikan hadiah mainan yang sedang trend saat itu kalo nilai kita bagus, kita bisa les apapun yang kita mau kalo kita niat tapi jujur aja lebih banyak gak niatnya jadi lebih banyak terpaksanya kalo disuruh les, dan mereka cukup memperlakukan gw dan koko dengan adil).

Kenangan gw akan di mulai dari.....
gw sering takut tidur sendiri meskipun waktu masih kecil gw dan koko sekamar dan ranjang kita ranjang susun tapi tetep aja gw sering takut kalo harus tidur di kasur sendiri, dan kejadian ini sering berujung pada : gw bangun tengah malem, ngebangunin koko, dan gw minta dia temenin, dengan setengah sadar koko akan menjawab "yaudah gak usah takut, tidur sama gw aja sini, turunin bantalnya" kemudian gw bakalan turunin bantal gw beserta boneka-boneka gw sampai kasur koko penuh. atau kalo gw masih ribut gak bisa tidur juga dia bakalan bacain gw dongeng atau bahkan dia sendiri yang mendongeng buat gw, meskipun kadang dongeng bikinan dia terdengar weird dan gak masuk akal tapi paling engga hal itu sukses bikin gw ngantuk (mungkin karena ceritanya yang susah dicerna sampe otak gw pun menolak untuk mendengarnya).
gw inget ketika siang hari abis pulang sekolah koko suka ajak gw main sepeda siang-siang sebelum pergi les, gw inget ketika pulang les sebelum lanjut les yang berikutnya kita masih main bola di atap rumah sama anak-anak tetangga, gw inget bagaimana koko ngajarin gw ngerakit tamiya, bahkan gw masih inget gimana rasanya di bonceng koko naik sepeda kalo mau pergi sekolah, dan yang paling tidak terlupakan adalah bagaimana rasanya di kejar anak-anak kampung yang membuat kita berdua harus lari dari gang ke gang sampe nyasar gara-gara koko ngajakin mereka ribut (waktu itu kalo gak salah ceritanya gw pergi les dan dipalakin sama anak kampung, pulangnya gw ngadu ke koko dan doi bilang "tenang! besok lu pergi les sama gw", keesokannya saat dia anterin gw les entah dia ngomong apa yang akhirnya bikin anak-anak kampung itu tersinggung dan membuat mereka pengen ngegebukin koko, jadilah kita berdua lari kalang kabut sekenceng-kencengnya dari gang ke gang, berita baiknya anak-anak kampung itu kehilangan jejak kita, berita buruknya gw trauma pergi les dan yang lebih buruknya kita nyasar gak bisa balik).
Gw masih ingat bagaimana rasanya main petasan jangwe yang dibeli hendri (sepupu gw) tiap dia main ke rumah, gw masih ingat aktifitas gw tiap minggu pagi sebelum ke sekolah minggu (mantengin tivi yang isinya kartun chibimarukochan, P-man, doraemon, crayon shinchan, ditektif conan, dan yang lainnya karena biasa nyambung dan durasinya rata-rata setengah jam), gw masih ingat rasanya menyisihkan uang jajan untuk beli buku komik, dan bahkan gw masih ingat rasanya jajanan tenda depan sekolahan gw (santo yoseph), yang adanya dari menjelang magrib sampai malem, biasanya kalo gw sama koko laper kita cari makanan disana, dan menu favorit kita adalah pecel lele, sate ayam dan cakwe (behhh minta ke gw alamatnya, wajib coba! semoga sekarang tukangnya belom regenerasi ya biar rasanya masih sama, heheheh) tapi beneran awal-awal gw pindah ke daerah rumah gw yang sekarang gw gak menemukan pecel lele seenak yang di didepan santo yoseph itu, tapi sekarang ada sih yang jual mirip-mirip rasanya cuma tetep aja enakan yang disana, sampe awal-awal pindah kesini gw kepengen balik lagi ke daerah rumah gw yang dulu (sampe sekarang juga masih kepengen sih, lol).

Yah, itu sedikit banyak yang gw ingat dari masa kecil gw, yang bikin gw bersyukur adalah gw punya koko yang ngefans sama satria baja hitam yang suka membuat dia pengen selalu tampil bak super hero, yaa jujur aja dia udah sukses koq jadi super hero, at least untuk gw :')
ada serunya juga punya koko, serunya kita jadi bisa punya banyak temen yang umurnya diatas kita *lhoo*
iya tapi serius deh, gw berasa kalo dulu gw dewasa sebelum waktunya, selain gw punya temen yang seumuran sama gw, gw juga berteman dengan temen-temennya koko, bahkan sekarang beberapa masih keep contact sama gw yang lucunya mereka udah lost contact sama koko *nah lohh, tingkat kepo gw udah separah ini kah?*

Hemm mungkin ini alasan kenapa gw sering galak dengan mantan-mantannya koko dulu, karena gw merasa kalo mereka adalah saingan gw yang akan merebut perhatiannya koko hahahaha... cemburu buta gitu ceritanya, karena koko udah jadi tempat pelarian dan tempat segala curhat dan unek-unek gw makanya gw takut kalo dia bakalan gak ada lagi buat gw saat dia udah punya pacar.
satu perbincangan yang masih gw ingat, waktu itu kejadiannya gw lagi curhat sama koko, selesai curhat gw spontan nanya sama dia "ko, gimana kalo nanti lu udah married? lu pasti gak bakalan ada lagi buat gw, buat dengerin curhatnya gw, buat dengerin keluh kesahnya gw, dan saat itu pasti gw akan merasa kesepian deh", dan koko jawab "saat gw married nanti pasti lu juga udah menemukan seseorang yang tepat buat menggantikan posisi gw."
dengan mantapnya dia bilang begitu dulu disaat kenyataannya sekarang dia sudah menemukan seseorang yang tepat buat pendampingnya dan gw masih terjebak move on, dasar cumi! sebelum gw menemukan pengganti posisi lu, jangan harap lu dapet restu dari gw.

Well, gw bersyukur gw mengalami satu masa dimana teknologi belum secanggih sekarang, gak kayak anak-anak sekarang yang taunya iPad itu setara gameboy, yang taunya kalo mau makan tinggal delivery, yang taunya super hero itu the avengers, bukannya power rangers, satria baja hitam atau ultraman, yang tahunya facebook bukan friendster.

0 comments:

Post a Comment