Thursday, December 27, 2012

Ini Tentang Tugas (part 1)

Di post kali ini gw mau sedikit cerita tentang pengalaman tugas komunikasi antar budaya.

Jadi cerita dimulai dari pemberian sebuah tugas akhir semester dari seorang dosen ke para mahasiswanya, dan diwajibkan untuk dikerjakan, karena merupakan pengganti UAS, tugas ini merupakan tugas individu *jeng jeng jeng jeng* (backsound).

Awalnya gw sempet pusing mau ngadain observasi kemana, karena tugas akhir ini mewajibkan gw untuk mengadakan observasi ke komunitas, kelompok, suku, atau etnis yang sudah mengalami pembauran dengan budaya Indonesia. pilihan gw jatuh ke kampung betawi, dimana dalam kampung itu masih sangat mudah menemukan orang betawi asli yang masih mengerti pembauran budayanya, jadi paling engga lebih gampang untuk mengadakan wawancara. (oke ralat, sebenernya ini bukan keinginan gw, keinginan gw itu pergi kampung portugis tapi karena gak ada yang mau akhirnya gw ke kampung betawi, jadi bisa dibilang agak "ikut-ikutan", selain itu gw berpikir kalo misalnya ke kampung betawi pasti gampang, soalnya ada di Jakarta tentunya, yang kedua pasti gampang dijumpai, orang Jakarta ini punya orang betawi, terus yang ketiga gw berpikir kalo ke kampung betawi gak perlu repot juga keluar kota, oke sip mantep banget pilihan gw).

Perjalanan gw dimulai dari bertanya-tanya dimana tempat kampung betawi itu berada? ada yang bilang di Jakata Selatan, ada yang bilang di Depok, ada yang bilang deket ragunan, ada yang bilang deket Lenteng Agung, dan ada yang bilang deket pancoran.
dari semua jawaban yang gw dapat gak ada satupun yang gw percaya, sampe pada akhirnya gw selalu mencari tahu bisakah kampung betawi ini dilalui busway? temen-temen gw pada diem (just in case, gw nanya kayak gini cuma pengen memastikan kalo dilewatin busway gw gak perlu takut nyasar).
karena jawaban yang gak jelas dan gak ada kepastian bahwa kampung betawi ini bisa dilalui busway, akhirnya gw memutuskan buat nebeng temen gw yang mau kesana.
kita berangkat pada hari rabu, tanggal 19 Desember, rencana awal berangkat jam 12 siang, tapi apa daya namanya juga orang Indonesia, kalo gak ngaret gak afdol, akhirnya kita baru jalan jam 3, dan gw pun udah gak ngerti lagi mau observasi apaan sore-sore gitu ke kampung orang.
sampe disana gw sempet mewawancarai salah satu tokoh betawi yang masih mengerti sejarah-sejarah betawi, namanya Bang Indra. dengan semangat gw keluarin kamera pocket gw, dan merekam segala percakapan kami, Bang Indra sangat asik, doi cerita banyak tentang kebudayaan betawi, total video 50 menit, temen gw juga ngerekam pake kameranya.
setelah selesai wawancara gak ada lagi yang bisa gw liput, karena hari makin sore, waktu itu udah setengah 6, akhirnya gw memutuskan untuk balik, disini masalah muncul, kalo gw ikut temen gw lagi gw bakalan dibalikin ke kampus, soalnya dia kost deket kampus, terus gw mikir kalo balik ke kampus baru balik ke rumah naik angkot pasti udah malem banget, ini tempat ternyata jauh dan butuh 1,5 jam dari kampus kesini, makanya gw memutuskan buat balik sendiri aja, soalnya gw berpikir udah di Jakarta ngapain lagi balik ke serpong baru ke Jakarta, dengan berbekal mulut dan segenap keberanian gw nanya-nanya sama orang sekitar gimana caranya gw menemukan halte busway terdekat di tempat kayak gini, akhirnya gw menemukan jawaban, naik kopaja nomor 616, oke gw cari tuh kopaja, gw nunggu dipinggiran jalan sampe gw ketemu itu kopaja 616. setelah gw naik kopaja 616 gw nanya sama keneknya ini kopaja ke halte busway gak? kata doi engga, gw harus transit pake metromini nomor 62, terus gw nanya dimana transitnya? katanya di daerah Lenteng Agung, nanti kalo harus transit gw bakalan dikasih tahu katanya. (jujur aja gw gak pernah ke daerah Jakarta sejauh ini, dan ini bener-bener jauh sodara-sodara, asal kalian tahu tempat ini berada di perbatasan Depok dan Jakarta Selatan, deket ragunan, tapi lebih jauh dikit, harus melewati daerah pancoran dan lenteng agung, jadi kesimpulannya semua jawaban temen-temen gw gak ada yang salah, semua bener, tapi satu hal yang gak bener, itu adalah bayangan gw sebelumnya, gw pikir ini tempat gak sejauh ini, gak taunya udah jauh, masuk pelosok pula, jauh dari jalan utama, butuh 2 kali ganti kendaraan umum, dan yang paling penting gw gak tau sama sekali jalan dimana gw sekarang berada). gw takut banget ngebayangin di daerah yang gw gak tau, nyebelinnya kendaraan umum selalu melewati jalanan yang gak umum dan muter-muter tujuannya buat nyari penumpang, sampe gw berpikir gw ini udah nyasar di daerah yang gak gw tau keberadaannya, kalo telpon orang rumah juga gw bingung ngejelasin gw dimana. gw terus menghibur diri sambil menumbuhkan jiwa petualang gw, tapi entah kenapa jiwa petualang gw menolak untuk tumbuh, sepikiran gw tiba-tiba kayak ada film yang berputar, tiba-tiba ada kamar gw, ada boneka babi gw si baby yang udah gw peluk sejak jaman SMP, gw ngebayangin makanan di meja makan gw yang dibeli nyokap (maklum perut gw laper saat itu), gw ngebayangin nyokap, bokap, dan nko gw yang lagi nonton diruang keluarga, gw ngebayangin biby yang lagi gigit jempol kaki gw sampe gw marah (nih si biby ngapain sih muncul tiba-tiba gigit jempol kaki! gak tau lagi nyasar apa!), pokoknya gw tiba-tiba ngebayangin semua yang ada di rumah, gw kangen rumah, dan gw pengen pulang kerumah banget rasanya :'(

Bayangan gw berakhir setelah 1 jam gw ikut ini kopaja muter-muter, dan si kenek suruh gw transit ke metromini 62. di metromini 62 gw nanya si kenek "bang ini bisa ke halte busway kan?" dia nanya "halte busway mana neng?" "mana aja!" jawab gw, dia bengong sambil ngomong pelan "mana aja, aneh nih orang gak ada tujuan." kampret nih si abang pasti dia mikir gw anak yang abis ribut sama orang tuanya terus kabur terus gak tau mau kemana, akhirnya gw bilang "halte busway pancoran bang, bisa gak?" "ohh mau ke pancoran iya bisa neng" "entar kalo udah mau sampe kasih tau saya ya bang!" pinta gw, "iya-iya gampang, tapi bayar dulu neng!" "berapa bang sampe pancoran?" (gw jarang banget naik kopaja, apalagi metromini, terakhir gw naik kopaja sama nyokap itupun entah berapa tahun yang lalu, dan itu mama yang bayar, jadi wajarlah kalo gw gak tau harga), si abang ngejawab "terserah bayar seiklasnya aja neng!" ihh resek ya nih abang, gw tanya malah cengengesan sambil ngomong gitu, akhirnya gw kesel gw kasih aja 2 ribu, kalo dia marah paling gw marahain balik, udah bagus gak gw bayar seribu, lagian kan dia bilang seiklasnya! diluar dugaan dia malah ketawa lagi "itu tau, tadi nanya, emang segini neng bayarnya dari dulu juga" nih orang bikin emosi aja, gw bengong dan diem, sedikit emosi tapi gw mikir ahh gak usah ladenin, yang penting gw sampe deh.
bukan Jakarta namanya kalo gak macet, jalanan macet parah, di kopaja gw menghabiskan 1 jam waktu gw, di metromini setengah jam, bahkan ketika udah sampe buswaypun gw harus merelakan 1 jam (1 jam dibusway itu baru dari pancoran ke grogol, karena gw harus transit di grogol arah kalideres), sampe di grogol gw ngeliat antrian yang gak beda sama orang ngantri uang zakat 50ribu, parah! antriannya udah sampe tangga masuk, busnya gak dateng-dateng, gw liat jam udah mau jam 9, gw lemes. perjalanan udah begini panjang, mau pulang aja susah, hopeless.
pas nengok kiri gw ngeliat kopaja kosong, akhirnya gw nanya orang sebelah gw "bu kalo mau balik ke kalideres naik kopaja nomor berapa ya?" "naik kopaja 95 aja de, nunggu disebrang banyak koq." "ohh okee, makasih ya bu."
emang bener banyak kopaja nomor 95 yang lewat dan kosong, dalem hati gw ketawa hahaha orang-orang pada antri busway, kopaja pada kosong gini, mau sampe jam brp mereka nunggu busway yang panjangnya aja udah ke tangga masuk, belom lagi di busway kan pasti berdiri, gw senyum-senyum sendiri. gw keluar ke depan Trisakti, entah emang gw yang lagi bau atau bulan gw lagi gelap hari ini, itu kopaja gak lewat-lewat, giliran gw belom keluar halte dia lewat terus, giliran gw udah keluar dari halte busway dia gak lewat-lewat, sekalinya lewat penuh, sekalinya gak penuh gak berenti, ckckckc...
setelah nunggu setengah jam ada juga kopaja yang berenti dan penuh. oke gw tetep naik mengingat besok masih kuliah dan ini udah malem banget.
jalanan masih macet, rasa capek udah gak karu-karuan, di kopaja masih desek-desekan, gw mencoba tabah.
pas udah daerah jembatan baru, yang macet total si kenek tereak "abis-abis!!" gw masih gak ngerti kenapa si kenek tereak gini, gw kirain ada penjarahan atau tawuran gitu yang bikin dia tereak-tereak kayak gitu, tapi ternyata gak lama penumpang pada turun, dan gw baru tahu kalo dia nurunin kita di tengah jalan, gila gw gak abis pikir ini cobaan yang keberapa lagi, gw bahkan harus jalan sampe rawa buaya.
sampailah ke rumah tercinta, jam 10 malem, disambut biby si kecil asem yang mau gigit-gigit jempol kaki gw, saking kangennya gw sampe gak marahin biby dan biarin dia gigit jempol kaki gw sepuasnya, toh ini juga yang gw rindukan dari tadi di kopaja. :")

0 comments:

Post a Comment