Saturday, December 29, 2012

Ini Tentang Tugas (part 2)

Setelah observasi hari pertama itu, gw merasa kalo data-data ini belum cukup untuk dijadikan tugas akhir, gw masih butuh data-data lainnya.

Dengan memelas gw minta tolong papa anterin lagi ke kampung betawi, kali ini gw kapok kesana sendirian.
papa setuju, dan ditetapkan tanggal 23 ini kita kesana.

Gw ngeliat hasil wawancara gw kemarin sama Bang Indra, dannnnn........ disinilah ketidakberuntungan yang ke sekian datang. ternyata kamera gw gak bisa ngerekam suara! gw ulangin KAMERA GW GAK BISA NGEREKAM SUARA!! (biar makin seru), yak sodara-sodara! usaha saya sia-sia sudah, perjuangan gw pupus tak tersisa, sumpah kamera gembel! gw langsung suruh papa jual itu kamera gak guna, papa menolak, yasudah.
tapi ini tugas gw bisa dikatakan gagal kalo begini keadaannya, video tanpa suara, how nice!
akhirnya gw coba ngehubungin temen gw yang ikutan ngerekam pake kamera dia, dan ternyata dia bilang kalo dia lupa neken tombol reg nya, jadi dia baru sadar setelah setengah wawancara kita berjalan, gw beneran mau nangis darah.
tapi berita bagusnya adalah dia ngerekam semua wawancara kita dengan voice note di bb nya, jadi masih ada rekaman suaranya, gw minta dia kirimin dan coba gw edit biar bisa dijadiin satu sama video tanpa suara ini, tapi apa daya, gw udah menghabiskan 3 hari buat edit video ini dan hasilnya tetep gak bisa sinkron antara suara dan video :') lagi-lagi, gw mengerjakan pekerjaan yang sia-sia.
kapan lagi gw bisa ketemu tokoh kayak gitu, wawancaranya bagus lagi, tapi ketidakberuntungan ini sempet ngebuat gw pengen nyari narasumber lain, meskipun gw gak yakin bakalan dapet yang sama bagusnya dengan Bang Indra.

Hari minggu tanggal 23 Desember, gw ditemani papa balik lagi ke kampung betawi.
disana gw bisa ngeliput banyak hal, ternyata suasana kampung ini pada hari minggu jauh lebih baik, gw bisa ngedapetin banyak data disini, kita menghabiskan waktu 2,5 jam naik motor dari rumah ke kampung ini, pas papa kilometerin 32km, which means 74km pulang pergi, capeknya gak usah ditanya lagi.

Setelah gw mendapatkan data-data yang gw perluin untuk kepentingan hasil observasi gw ini, gw memutuskan untuk ke kantor pengurus kampung betawi ini, kali aja ada sesuatu yang bisa gw dapet dikantor ini, pas masuk gw ngeliat Bang Indra lagi jalan cepet banget, kayak lagi sibuk gitu, gw langsung manggil, "Bang Indra", dia berenti. "Bang, saya yang waktu beberapa hari yang lalu ngewawancarain abang, inget gak?" dia bengong, gak lama dia bilang "O iya-iya inget, yang hari Rabu ya?" "Iya bang." gw nyengir.
"Apa kabar kamu?" "baik bang. bang gini, saya ingin wawancara ulang boleh gak?" dia diem, kayak gak enak mukanya "soalnya kemarin ternyata videonya jadinya jelek, kalo ada waktu boleh ya bang wawancara ulang, sebentar aja." Bang Indra jawab "saya sebenernya lagi sibuk si, lagi persiapin buat besok mau ke Jawa Timur, lagi ada pertemuan disana" dengan nada sedikit memaksa akhirnya gw bilang lagi "boleh ya bang sebentar aja deh, gak lebih dari 10 menit", akhirnya dengan rasa gak enak nolak Bang Indra setuju dan terjadilah wawancara ekspres itu, gak lebih dari 10 menit, can you imagine wawancara 50 menit menjadi 10 menit :') gw sedih banget, wawancara terakhir emang gak terlalu lengkap tapi disatu sisi gw jadi gak perlu mengedit lagi, jadi hasil wawancara itu secara penuh gw masukin ke video tugas gw yang durasinya gak boleh lebih dari 15 menit.

Setelah 2 hari kunjungan itu tugas gw selanjutnya adalah bikin paper dan video yang harus di upload ke blog dan youtube, ini hasil tugas gw yang udah di upload ke blog yang dijadikan blog pengumpulan tugasnya, ada videonya juga disana tapi kalo belom puas bisa di setel lagi disini, atau dibawah juga bisa diliat lagi videonya.
hasil videonya gw akuin jelak banget, banyak kekurangan, dan blur, tapi gw sudah berusaha melakukan yang gw bisa :") dan untuk menunjang tugasnya, gw mencoba membuat paper yang lebih baik daripada videonya, semoga mau dibaca para bloggers yang baik hati :D

Akhirnya gw harus mengucapkan banyak terimakasih kepada papa yang telah bersedia menghabiskan 74km bersama gw, yang rela bawa motor dari ujung ke ujung cuma buat ngebantuin gw bikin tugas ini, terima kasih papa, much loves and kisses for you muaaahhh!!!

 
Hasil foto-foto observasi :


pintu masuk perkampungan betawi.
danau yang membuat tempat ini bernama setu (setu artinya danau).
rumah gaya betawi 1
rumah gaya betawi 2
rumah gaya betawi 3
numpang foto depan rumah betawi.
makanan khas orang betawi (kerak telor).
masih makanan khas orang betawi juga (laksa betawi).
anak-anak ucul yang lagi latihan tari yapong.

0 comments:

Post a Comment