Tuesday, June 4, 2013

Behind The Scene

Nah ini dia janji gw kemarin.

Jadi bloggers, ceritanya gw mendapat ujian take home test gitu dari dosen mata kuliah corporate social responsibility (CSR), kita diminta untuk membuat sebuah kampanye digital masalah sosial yang sedang marak terjadi akhir-akhir ini, tujuannya untuk mengadakan sebuah perubahan dari kebiasaan yang buruk tersebut, ada kelompok yang berkampanye tentang pentingnya menggunakan helm saat mengendarai sepeda motor, ada kelompok yang berkampanye tentang cantik itu tidak harus kurus, karena melihat maraknya akhir-akhir ini banyak wanita yang rela menyiksa dirinya agar tampil lebih kurus, katanya kurus itu cantik *liat ke diri sendiri* oke bukan maksud gw mau narsis ya, gw kurus dan gw merasa ini gak cantik sama sekali, gak ngerti kenapa cewek-cewek sekarang kepengen banget tampil kurus sampe nyiksa-nyiksa dirinya gak makan lah, olahraga yang over lah, dan lain sebagainya, jujur aja karena mereka gw jadi merasa bersyukur, padahal awalnya gw beranggapan kalo kurus itu gak ada keren-kerennya sama sekali, gw malah stress naikin berat badan, naikinnya susah banget turuninnya gampang banget -__- pernah waktu itu gw pengen banget punya badan gemuk, buat gw punya badan berisi itu bagus, keren, pake baju apa aja gak akan terlihat kerempeng, setiap hari gw makan sampe mau muntah rasanya dalam seminggu dan naik berat badannya cuma 2 kg kurang which means 1kg lebih, padahal gw sendiri udah tersiksa juga makan banyak setiap hari per 3 jam, dari situ gw sadar yaudahlah kita emang udah diciptakan dengan porsinya masing-masing, malah bagus juga punya badan yang gak bisa gemuk, mau makan apa aja gak pake mikir, mau makan manis-manis tengah malem juga bodo amat, dan kalo gw kebangun malem-malem gw emang suka ngemil juga sih. girls, just for your information, punya badan kurus juga gak bagus-bagus amat koq, kalian cantik just the way you are :)

Oke gak maksud promosiin kelompok lain punya, cuma sedikit sharing.

Lanjut yaa.. nah kalo tadi kampanye temen-temen gw, kalo kelompok gw sendiri mengambil tema "Time Is" kenapa kita ambil tema ini? karena kita melihat bahwa masalah orang Indonesia saat ini itu membiasakan budaya terlambat dan bahkan sering di sengaja, istilah jam karet buat orang Indonesia itu bukan istilah asing lagi, makanya kelompok gw ingin menyadarkan kita semua agar membiasakan budaya on time biar gak ada orang yang dirugikan, selain itu kita mau membuat orang-orang sadar betapa pentingnya menghargai waktu, jadi gak ada penyesalan di kemudian hari.

Itu sedikit banyak garis besar kampanye kelompok gw sih, tapi tujuan utama gw posting kali ini adalah menceritakan behind the scene nya dibalik tugas ini.
Jadi dalam tugas akhir ini kita diminta membuat proposal, video, dan harus mempublishnya secara digital, karena sekarang era teknologi ya boo jadi udah gak jaman tuh yang konvensional, makanya mesti keren dikit gitu kampanyenya, pake media digital, media digital ini harus mencakup minimal 3 media, dan kelompok gw memilih menggunakan media twitter, fan page, dan blog, tool pendukungnya adalah video yang di posting di youtube.

Jujur aja gw bersyukur bahwa kelompok gw lumayan asik-asik orangnya dan kita semua cukup bekerja keras untuk menyelesaikan tugas ini, sebut saja seperti halnya membuat proposal yang kita kerjakan di starbucks yang berujung pada curcol... iya kita bukannya diskusi malah jadi sedikit curcol disana tentang... yahh pokoknya ada deh...
kemudian saat membuat media, kita semua cukup membagi porsi masing-masing, seperti halnya Billy yang besedia menjadi admin di balik twitter, Sherly yang bersedia menjadi admin di balik fan page, Andrew yang bersedia menjadi admin sekaligus penghitung berapa banyak viewers dan likers di youtube, gw sendiri yang menjadi admin di balik blog, dan Ari yang bersedia menjadi promotor (gak tau juga itu anak promosinya gimana).
Dari semuanya ini menurut gw hal yang yang paling menyenangkan adalah membuat video, meskipun nilai video hanya sebuah tool kecil dalam kampanye kita, tapi jujur si tool kecil ini paling banyak menghabiskan tenaga. yaa gimana engga, kita semua bukan aktor dan aktis papan atas yang terbiasa dengan acting di depan kamera, kita berlima hanya sekelompok mahasiswa dan mahasiswi yang biasanya dateng ke ruang kelas untuk belajar, bukan untuk shooting. hemm tapi tenang aja kita cukup profesional koq untuk acting *ehemm*, buat yang mau liat videonya bisa di klik disini, maklum aja ya kalo actingnya terlihat buruk, namanya juga usaha hihihi...

Oke, seperti yang sudah gw tulis tadi bahwa video hanya bobot terkecil dari penilaian sekaligus yang paling banyak menguras tenaga.
dalam video ini gw berperan sebagai seorang client yang mau nanemin sahamnya tapi si investor officer perusahaannya lama banget datengnya, terus ceritanya kita udah kesel gitu kelamaan nunggu, kata temen-temen gw muka gw disini nye-nye banget dan super bossy, mereka sampe bilang "mel amit-amit deh kalo gw punya boss kayak lu nanti" hahahahahaha sorry guys, actingnya berasa banget nih abis emang lagi beneran kesel sama seseorang pas ambil adegan itu makanya berasa banget marah-marahnya :P
tapi jujur aja sih gw juga ngeliat muka gw bossy banget disitu sampe gw sendiri juga merasa amit-amit jangan sampe deh ketemu boss nye-nye macem gw disitu --'

Kemudian adegan berikutnya gw menjadi seorang cewek yang mutusin cowoknya karena si cowok sering dateng terlambat, jadi ceritanya si cewek ini merasa kalo dia gak dihargai sama cowoknya, setiap janjian ketemu sama cowoknya pasti cowoknya dateng terlambat, jadi menurut si cewek koq cowoknya taken for granted banget gini sih.
gw berperan bersama temen gw si andrew, adegan ini dua kali ambil lokasi, lokasi yang pertama kita harus mengulang sekitar 5 kali, tapi di lokasi yang pertama pengambilan gambarnya kurang bagus, jadi kita gak bisa masukin adegan itu di video kita, bisa bayangin kan udah ulang lima kali failed pula :(
akhirnya kita ambil di lokasi lain yang di lokasi ini yang sukses masuk kedalam video kita, di lokasi kedua juga sama mesti ngulang tapi cuma ngulang dua kali, gak sebanyak yang pertama lah pokoknya, jujur aja tantangannya itu gw gak tahan kalo harus ngeliat mata lawan bicara gw, jadi lagi asik-asik dialog di tengah-tengah pasti ada ketawanya, makanya mesti ngulang terus.
oh iya fyi, acting gw disitu memang terlihat judes dan galak, tapi aslinya gak gitu loh hahaha... *lagi berusaha memperbaiki image ceritanya nyeheheh*

Well bloggers, segitu aja deh cerita behind the scene nya kalo penasaran monngo dilihat videonya.
oh iya jangan lupa juga follow twitter kita @timeis_id , like fan page kita "Time Is" dan jangan lupa juga ya kunjungin blog kita di timecampaign.blogspot.com




0 comments:

Post a Comment