Sunday, June 9, 2013

How I miss My Childhood

Gw sangat merindukan masa kecil gw, masa dimana semua terasa sangat menyenangkan dan masa dimana gw melihat bahwa hidup itu indah.

Ceritanya hari ini gw baru aja bernostalgia ke salah satu.. apa ya disebutnya, gw juga bingung nyebutnya, ini bukan mall sih, bukan taman hiburan rakyat, bukan pasar malem juga, ahhh sudahlah sebut nama aja, lokasari.
bagi kalian yang tinggal di daerah kota khususnya mangga besar pasti tidak asing lagi dengan tempat ini.
yah, gw juga dulu termasuk penghuni yang tinggal di daerah mangga besar, daerah kartini lebih tepatnya, bagi kalian yang suka beli ikan pasti tau nama daerah ini, terkenal dengan tempat jualan ikannya.

Yang gw ingat dari tempat ini dulu adalah masa kecil gw, buat gw dulu tempat ini termasuk salah satu hiburan dekat dan menyenangkan dari rumah, dulu gw sering minta mba gw temenin gw kesini kalo gw lagi pengen beli komik di toko gunung agung atau saat gw lagi kepengen main timezone, kadang gw kesini sama mba dengan naik angkot dari depan rumah sakit husada atau kalo lagi males bisa naik bajaj dari depan gang rumah, banyangin bajaj! bajaj! (baca : bajai), sesuatu yang udah jarang gw temukan di daerah rumah gw sekarang, ahhhh si roda tiga itu udah seperti kendaraan pribadi buat gw dan mama ketika masih tinggal disana :'(  i miss the driver too (siapa sih tuh tukang bajaj langganan mama, gw lupa namanya tapi kalo disuruh tunjuk orangnya gw inget deh).
singkat cerita, lokasari ini juga merupakan tempat perkumpulan geng labil gw dulu jaman SD, kita sering banget nongkrong setelah pulang dari gereja di restoran cepet saji yang hanya terdiri dari 3 huruf dengan icon bapak-bapak yang membuat resepnya, ya gak usah gw sebutin kalian juga pasti udah tau restoran cepat saji apa yang gw maksud.

Singkat cerita lagi, tadi setelah acara di kantor, mama bbm gw "de, selesai acara ke tempat memeh yaa, mama lagi di mangga besar, baliknya barengan, koko jemput nanti." dan gw jawab "oke.."
sampe di halte olimo gw bbm mama lagi  "ma, udah di halte olimo, dd otw tempat emeh yaa"
tapi mama malah bales "gak usah deh de, mama mau ke lokasari nih, mau sekalian belanja bulanan, langsung aja ketemuan disana"
dalem hati gw : lokasari? wahh gw udah lama banget gak ketempat ini, biasa cuma lewat doang. perasaan gw langsung senang saat itu dan berpikir bahwa gw akan melihat kenangan-kenangan masa kecil gw, dengan perasaan excited gw menuju lokasari.

Sambil jalan gw sambil bbm-an sama temen gw, kira-kira percakapannya begini:
"lu udah dimana mel?"
"daerah kota, mau ke lokasari nih gw"
"ngapain lu kesana? mau cari uang jajan tambahan? hahahah"
"hah? maksudnya?" (ini gw serius nanya karena gak ngerti apa maksud dia)
"sorry mel, jangan marah hehehe" (serius deh gw sebenernya gak marah sama sekali tapi mungkin temen gw ini membaca isi bbm gw dengan nada marah, padahal gw masih bingung sama maksudnya)
"gak marah koq, cuma emang gak ngerti maksud lu."
"lu kesana sendiri?"
"gak koq, sama nyokap."
"oh, iya jangan pisah sama nyokap, jangan jalan sendiri, entar ditawar lu, kalo lu ditawar, tawar balik mel! hahahah" (gw makin bingung sama anak satu ini dengan kata-kata yang bikin gw jadi tersinggung juga, mulai dari uang jajan sampe tawar-tawaran, absurd! gw kesini mau mengenang masa kecil gw man, bukan mau cari babi guling yang mesti ditawar-tawar.)
"aneh lu! gak ngerti gw lu ngomong apa"
dia bbm lagi dan selanjutnya cuma gw read.

Sampe di lokasari mama udah nunggu, dan mata gw tertuju ke salah satu makanan cepat saji yang terdiri dari tiga huruf itu, gw langsung bilang ke nyokap "ma, de laper nih, makan yukk"
mata nyokap langsung melihat ke arah restoran cepat saji itu, dan kita langsung masuk kesana, dalam hati gw, tempat ini banyak kenangannya nih dulu, tiap minggu gw pasti kesini bareng temen-temen SD gw, ahhhhh masa-masa itu.. gw senyum-senyum sendiri sambil melihat detail tempat ini, sudah berubah dari yang dulu tentunya.
setelah menemukan tempat duduk yang pas gw mulai makan sama nyokap, rasa ayam di restoran cepat saji ini dimanapun sama yang membedakan bahwa tempat ini punya kenangan tersendiri bagi gw. tiba-tiba gw jadi kangen temen-temen SD gw itu, kita terdiri dari 5 orang, yang satu udah lanjut ke luar negeri, yang satu lanjut ke luar kota dan duanya lagi lost contact :(
sambil asik makan dan cerita tiba-tiba ada dua orang kakek-kakek duduk tepat di samping meja gw dan nyokap, penampilannya cukup keren tapi dari segi usia mereka udah bau tanah, entah kata-kata apalagi yang bisa melukiskan gambaran gw tentang dua orang itu.
gw masih lanjut makan sama nyokap dan masih sesekali ngobrol, setelah kemudian di samping meja gw dan nyokap selanjutnya duduk seorang mba-mba dengan pakaian minim yang menurut gw nyaris kayak gak pake baju -__- sebagai cewek gw risih juga ngeliatnya, dengan pakaian rok yang dinaikin ke atas dan baju yang diturunin kebawah gw langsung berpikir, masih mendingan keponakan gw andukan, anduknya masih lebih panjang dari pakaian si mba-mba ini. jadi sekarang meja gw dan nyokap berada di tengah-tengah di antara 2 orang kakek-kakek bermuka mesum itu dan diantara si mba-mba yang nyaris gak pake baju, hemm risih.
karena gw sadar bahwa setiap orang punya hak yaa gw bodo amat dan memilih buat melanjutkan makan.
gak lama dua orang kakek itu mulai kasih-kasih kode ke mba-mba di meja sebelah gw, dan si mba-mba itu juga kayak kasih-kasih kode yang gw gak ngerti maksudnya apa tapi sambil kedip-kedip mata dan kemudian si mba itu bilang "entar ya."
*gw bengong* sesekali ngeliat ke kanan, sesekali ngeliat ke kiri, karena pandangan gw yang gak nyantai mungkin, mama langsung kasih kode juga dengan menendang kaki gw, gw nengok ke mama dan mama bilang "makannya cepetan! jangan kepoin orang"
meskipun masih bingung akhirnya gw nurut aja, entah kenapa gw berasa otak gw lemot banget di dalem tadi.
selesai makan kita langsung cepet-cepet keluar di luar mama langsung kasih penjelasan kalo itu si mba-mba tadi dan si kakek-kakek tadi lagi tansaksi tawar-menawar dan bla bla bla yang dijelasin sama mama yang akhirnya gw ngerti.

Setelah makan gw masuk ke dalam lokasari, dan.... gw menemukan bahwa tempat ini udah bener-bener berubah dari yang terakhir gw kesini, terakhir gw kesini entah berapa tahun yang lalu dan tempat ini gak begini, gw norak.
lantai satunya mirip-mirip kayak mall daan mogot (kalo kalian udah pernah kesana), lantai duanya mirip kayak roxy mas, dan lantai tiganya supermarket.
gw bilang sama mama, ini tempat apaan, koq beda.
yang buat risih adalah banyak orang yang berpakaian mini disini, gak ada beda dengan pakaian ke pantai dan yang paling parahnya lagi gw jadi sesek napas karena banyak yang ngerokok secara sembarangan disini, dalem hati gw : dulu kayaknya gak begini deh.
singkat cerita mama minta gw langsung ke supermarketnya dan suruh gw langsung ambil barang-barang keperluan gw, entah emang karena gw udah terbiasa belanja di ca***four yang semuanya serba lengkap, gw jadi canggung di supermarket ini, bahkan sampoo gw pun gak di jual disini, kata mba penjaganya merek sampoo gw gak masuk kesini, hemm yaudah gw belanja keperluan yang ada aja akhirnya.
selesai belanja gw nanya ke nyokap "ma, kenapa tiba-tiba punya niat belanja di sini sih?" kata mama biar sekalian jalan, lagian udah lama juga gak kesini jadi kangen, tapi ternyata segala sesuatu yang ada disini udah berubah.

Hemm yaa gw gak menyesal ke tempat ini hari ini, gw jadi tahu apa saja yang sekarang sudah terjadi disana.
tapi gw menyesal karena gw menemukan fakta bahwa segalanya sudah berubah.
dulu buat gw tempat ini sangat nyaman bahkan untuk anak kecil seusia gw saat itu, disana emang ada diskotik seinget gw, tapi toh hal itu tidak membuat tempat ini dicap sebagai tempat yang buruk diluaran sana.
sekarang gw jadi tahu maksud temen gw tadi, dan satu yang gw pelajari bahwa segala sesuatu pasti akan berubah, as my lecture said "nothing's permanent in this world, except change."
gak ada yang permanen di dunia ini, kecuali perubahan, segala sesuatunya pasti berubah hanya tinggal berubah menjadi lebih baik atau lebih buruk, ketika ia berubah menjadi sesuatu yang buruk, yang dapat kita lakukan hanya menerima, tetapi kita tidak perlu mengenang hal-hal yang buruknya, cukup kenangan akan hal-hal baiknya saja yang kita ingat dan kita simpan, sekalipun itu tidak dapat kita lihat lagi namun setidaknya itu ada dibenak kita.

0 comments:

Post a Comment