Sunday, March 11, 2012

D*MN PARKING!

Sampai berita ini diposting kaki kiri gw masih nyut-nyutan dan geter-geter gak jelas gitu, kalo di sinetron-sinetron ekstrem pasti tiba-tiba ada dokter amatir yang bilang "kaki kamu sarafnya ketuker, jadi saraf jari jempol ketuker sama jari kelingking, makanya kamu akan merasa jari kelingking kaki kiri kamu gede banget dan jari jempol kamu kecil banget, efek dari pertukaran saraf ini, kaki kamu kedut-kedutan terus, ini penyakit langkah memang, perpindahan saraf ini biasanya disebabkan dari efek nginjek kopling kelamaan."  dan si pasien cengeng biasanya akan menjawab dengan air mata dan ingus yang berceceran "hikss hikss hikss jadiii, sa-ya ha-ru-s *sedot ingus dulu* gihimanahh dokter ehekkk ehekkk ehekk, shaya bisha sembuhhh kan dhok? ehekk ehekkk ehekkk" dan si dokter amatir sok pintar itu bakalan jawab "bisa, tapi perlu operasi kira-kira 200 juta dan dalam waktu lama kamu belom bisa nyetir mobil dulu." "DUA RATUS JUTA????!!! MANA MUNGKIN! uang gak punyaaaa, mobil gak punyaaaa" "terus tadi kamu bawa mobil siapa?" "Aku ngebajak angkottt." yahh kurang lebih begitulah percakapan antara pasien cengeng nan alay dengan dokter amatir yang sok kepinteran dengan seragam dokter itu. oh iya lupa, kalo di sinetron-sinetron Indonesia biasanya ada efek soundtrack yang dramatis dengan efek pengambilan gambar muka si pasien dan si dokter yang bergantian.

Oke, tapi intinya, gw lagi gak mau ngebahas sinetron Indonesia yang gak jelas dulu si sekarang,emang ada niat untuk ngebahas, tapi lain waktu aja.
sekarang gw lagi mau curhat tentang masalah parkir mobil.

Jadi ceritanya gw udah belajar mobil sejak... hmmm... sejak kapan yahhh.... *mikir*
Oh iya! sejak 9 bulan yang lalu.
latihan pertama gw dimulai pas lagi liburan kelulusan, tentu saja guru besar gw adalah bokap.
bukan karena gak mau ngeluarin uang untuk ngeles, tapi karena ego bokap yang besar yang berpikir dirinya mampu ngedidik engko gw belajar nyetir dengan ekspress dan lancar.
kali ini dia juga mempraktekannya ke gw, dan diluar dugaan dia, kalo ada sisi dimana cewek itu lebih susah belajar mobil ekspres daripada cowok.
yah dari sisi keberanian biasanya cewek lebih takut ngebawanya ke jalan besar, dari sisi kepanikan, biasanya cewek lebih panik daripada cowok, dari sisi PARKIR biasanya cewek lebih susah belajar parkir lurus.

Hal pertama yang bokap lakuin adalah memberikan teori-teori nyetir sedetail-detailnya sampe gw dikasi resep-resep rahasia seperti menghindari kecelakaan beruntun saat kita di gigi 4 dengan kecepatan 100km/h, cara menstabilkan tekanan kaki kiri dan kanan saat macet ditanjakan, cara puter balik dengan jarak yang minim, cara mengetahui lebarnya mobil kita biar kira tahu di lebar sekian saat macet mobil kita bisa muat apa engga dan cara-cara lainnya yang membuat gw merasa percaya diri untuk menyetir mobil dengan sempurna.
Tapi tampaknya disini gw kurang menyadari satu hal bahwa teori itu lebih gampang daripada prakteknya.

Hal lain yang gw lakuin adalah membangun kepercayaan diri gw dengan iming-iming "nyetir mah pasti gampang deh, apalagi gw punya bokap yang hebat dalam urusan nyetir dan om mantan pembalap, berarti gw emang keturunan dari keluarga yang berdarah nyetir dengan baik dijalanan, terus bokap bahkan udah sukses bikin engko gw bisa nyetir dengan waktu yang singkat, pokoknya gw harus bisa nih, kalo gw bisa kan enak bisa kemana-mana berdua nyokap gak perlu digangguin dengan keluhan 'capek'nya bokap saat di mall."

Dimulailah hari itu gw belajar mobil, selama 4 hari berturut-turut gw udah mulai lancar bawa di jalanan yang lurus, kaki gw juga gak capek-capek amat, soalnya emang jalanan lurus gak membutuhkan banyak main kopling, dan selama gw latihan ini teori yang diajarin bokap sama sekali gak berguna karena kalo udah dipraktekin semua akan berjalan dengan sendirinya. dalam waktu 2 hari bahkan gw udah mampu membawa mobil sampe di gigi 4, ini merupakan pencapaian yang fantastis, belom lagi saat gw tanya si lele waktu dia belajar nyetir dia lancar ganti giginya kapan dan lele bilang dia belajar ganti gigi pas udah setahun belajar nyetir, jadi awal-awal cuma bisa gigi 1 sama gigi 2 doang. wahh makin PD gw saat gw bilang sama lele dalam waktu 2 hari gw udah mampu naik turunin gigi sampe gigi 4, dan reaksi lele saat itu cuma "wahhh keren lu mel" dalam hati gw mulai melayang, yayayaya bokap gw emang keren nih, pasti dia pelatih nyetir mobil bertangan dingin.

Sejauh gw latihan, semuanya berjalan lancar, gw juga udah berani nyetir dalam kompleks dengan lancar, begitu bokap mulai suru keluar kompleks gw mulai keringet dingin dan menolak dengan halus "kayaknya waktunya gak cukup deh pa."
masalah pertama muncul saat gw nyaris nabrak gerbang pintu tetangga dan nyerempet tukang kembang yang lagi duduk santai markirin gerobak kembangnya di pinggir jalan, dari kejadian itu bokap udah mulai menyadari kalo gw anak yang panikan dan belom bisa bawa ke jalan besar.
masalah kedua muncul saat gw melewati ukuran gang kompleks yang sempit dengan mobil diparkir kanan kiri, dan gw nyaris nyerempet salah satunya, dari kejadian itu bokap menyadari kalo gw belom dapet feeling untuk memperkirakan besarnya body mobil.

Bokap gak nyerah, kejadian demi kejadian dia anggap suapaya gw belajar menguasai mobil dan dapet feeling untuk nyetir dulu.
sampai akhirnya suatu kejadian pun terjadi.
bokap denger percakapan antara gw dan nyokap yang lagi berada di percakapan "nanti kalo nyetirnya udah lancar kita pergi kemana-mana gampang yah de, gak perlu ngarepin papa nganterin lagi, nanti mama bikinin SIM biar lebih enak nyetirnya, makanya belajarnya yang bener."
dari percakapan singkat itu bokap jadi mulai was-was kalo gw sama nyokap bakalan kelayapan terus dan ninggalin dia pas pergi kemana-mana. mulailah saat itu frekuensi gw belajar nyetir dibatasi, yang tadinya seminggu tiap hari jadi seminggu sekali, jadi sebulan sekali, dan jadi DUA BULAN SEKALI! gimana gw mau lancar kalo boleh belajarnya dua bulan sekali, sampai dititik ini gw sadar kalo ini cara bokap untuk menahan niat nyokap kelayapan ngajak gw.

Nyokap juga akhirnya mulai menyadari ada yang gak beres dengan semangat bokap yang tiba-tiba menurun ini, akhirnya dia berpikir mungkin dengan adanya SIM gw akan mulai berani bawa ke jalan raya dan bersemangat untuk lebih lancar lagi nyetirnya. akhirnya pada tanggal 27 Desember kemarin gw dibawa ke kantor samsat untuk membuat SIM, ekspres cuma 1 jam, dengan bantuan calo tentunya.
ternyata setelah bikin SIM pun keahlian menyetir gw tidak menunujukkan kemajuan yang cukup berarti karena bokap juga masih ogah-ogahan ngajarinnya.

Hari demi hari pun berlalu sampailah pada gw udah mulai lancar dan berani bawa mobil.
ternyata gw baru menyadari satu hal, mau sehebat apapun lu nyetir kalo lu gak mampu parkir dengan lurus itu sama aja lu bisa mendaki gunung tanpa tau cara turunnya gimana.
yah, masalah parkir ternyata adalah masalah tersulit daripada sekedar ganti dan nurunin gigi, masalah kedua yang paling sulit adalah tetap stabil di jalanan macet menanjak.
gw udah pernah latian beberapa kali waktu di kemayoran, jadi bokap suru gw jalan di tanjakan dan saat ditengah-tengah disuru rem dan mulai jalan lagi, ini masalah yang sulit soalnya gw suka grogi gadi lupa narik rem tangan terus. setelah beberapa kali yah lumayan bisa tapi masih belom mulus.

Dan hari ini gw dan bokap memutuskan untuk belajar parkir dengan lurus.
setelah beberapa menit gw kayak orang bego yang disuru maju munjur maju mundur dengan keadaan setir yang stabil, biar dapet feeling itu mobil mundurnya udah lurus apa belom, tibalah disaat-saat yang gw nanti-nantikan, menit-menit belajar parkir. gw udah seneng dan semangat karena ketika fase ini bisa gw lewatin, gw bakalan sukses bawa mobil, persetan dengan yang namanya macet di tanjakan, itu pasti bakalan gampang gw atasi seiring gw bawa mobil dijalanan.
ketika udah sampai di tahap ini, mood bokap ilang tiba-tiba, setengah jam gw belajar dan gak menunjukan kemajuan, parkir masih gak lurus dan yang lebih parahnya lagi gw mulai bingung harus ngarahin setirnya kemana saat mau mulai parkir. bokap yang udah mulai panas jadi cemberut dan diem aja, sampe saat gw nanya "papa ini gimana kalo posisinya udah begini harus dikemanain setirnya?" dengan jengkelnya bokap jawab "gak tau kira-kira aja sendiri! mau setirnya kemana keq masa nanya orang! mana ada orang bawa mobil nanya setirnya haru dikemanain!" abis itu dia diem, kaki kiri gw yang udah mulai gak tahan nahanin kopling dari tadi, ditambah bokap yang udah emosi karena frustasi gw gak bisa-bisa parkirnya, ditambah gw juga yang udah kesel dengan jawaban bokap, akhirnya berakhir dengan : gw turun dari mobil, pindah tempat duduk, suru bokap turun dan bilang "udah gak usah lagi belajar parkirnya, capek! biarin nanti dede cari les aja sendiri."

Setelah kejadian yang agak abstrak itu, akhirnya perjalanan pulang pun diambil alih oleh bokap dengan suasana hening diantara gw dan bokap, gw sibuk curhat ke Alfred dan bokap sibuk mendinginkan kepalanya dengan rasa frustasi, sampai pulangnya gw bersumpah sama diri gw sendiri kalo gw harus menakhlukkan masalah parkir ini! gw gak mau jadi cewek yang masuk dalam jajaran cewek yang dihina sama kaum cowok cuma gara-gara gak bisa parkir dengan lurus (kayak katanya si poconggg).
pokoknya nanti saat liburan semester gw udah harus bisa menyelesaikan masalah parkir ini dan berencana mengambil les khusus untuk belajar parkir.

0 comments:

Post a Comment