Thursday, March 29, 2012

With God Everything is Possible

Seharusnya gw post postingan ini 4 hari yang lalu, tapi berhubung jadwal kelas dan tugas yang numpuk yang akhirnya membuat gw ngos-ngosan buat kuliah, jadilah gw masukin postingan ini hari ini.
oh iya, berhubung lagi bawel dan lagi banyak yang mau diceritain ijin posting 2 post yah bloggers *icon ngerayu* --> emang ada icon ngerayu? --> bodo amat, yang penting capcus cinnn.. *melambai*

Jadi gini sebenernya gw agak-agak gimana gitu yah pas long weekend kemarin, menyambung postingan gw dari TGIHT itu, dimana hari kamisnya gw masih seneng-seneng dan jumatnya masih dirumah seharian sambil ngerjain tugas, di hari sabtu subuhnya gw udah harus berangkat ke Sukabumi. engga-engga, bukan buat liburan, tapi buat pelatihan pengajar Bina Iman Remaja (BIR) disana, nanti gw jelasin dibawah apa itu BIR.

Sebelumnya cerita ini dimulai dari beberapa minggu yang lalu saat ci justine, ci silvi dan tante liana meminta gw jadi wakil untuk mengikuti pelatihan BIR ini, berhubung syaratnya setiap wilayah harus mengirim 2 orang, mereka bertiga kompakan nawarin gw buat jadi wakil pengajar.
o iya just info, gw dulu emang pernah ngajar Bina Iman Anak (BIA) tapi itu di gereja gw yang dulu saat masih SMP dan jebolan anak didik gw sekarang udah jadi..... jadi apa yah? gw juga gak tau udah jadi apa, orang udah lost contact sama mereka (hehehe.. maklum lah anak SMP yang masih labil disuru ngajar BIA jadinya begini nih. yahh at least dulu yang gw inget gw suru mereka rajin berdoa dan baca alkitab lah :D ).
oke lanjut, nah jadi emang punya pengalaman ngajar BIA tapi itu kan anak-anak yang masih unyu-unyu yang gampang diatur dan gak malu-malu, sedangkan setelah gw diminta jadi guru BIR gw mulai pikir-pikir nih, soalnya BIR itu anaknya rata-rata kelas 4-3 SMP yah kalo dalam itungan umur, umur 9-15 tahun gitu lah.
kebayang dong gimana susahnya ngatur mereka? ditambah waktu gw yang selalu kurang merurut gw, I need more time!! 24 hours a day is not enough for me!!
nah karena alesan-alesan itulah makanya gw jadi jarang dan gak punya waktu untuk ikutan ngajar.
selain itu ketika ci justine, ci silvi dan tante liana meminta gw untuk jadi wakil pengajar BIR otomatis gw tolak tawaran itu dengan halus, pas ditanya gw bilang aja gak bisa, sebenernya gw masih gak tau kalo ini long weekend, gw cuma mikirnya males ahh ngewakilin gitu, orang gw juga bukan pengajar BIR.

Beberapa hari berselang sampai tibalah bbm dari om Ahau, isi bbm nya itu begini "Melissa dari wilayah kita kamu yang wakilin yah untuk acara pembinaan pengajar BIR di sukabumi! cari 1 orang lagi partner kamu!"
(siapapun orang yang baca pesan ini, gak mesti anak komunikasi, pasti udah tau kalo isi bbm ini perintah dan bukan tawaran, apalagi gw yang anak komunikasi).
akhirnya dengan segenap kepasrahan gw menjawab "oke om."
setelah agak ditarik paksa, gw pun harus mencari partner gw, dan pilihan gw jatuh kepada win-win (wakil gw).
untungnya win-win gak mikir panjang dan langsung meng-iya kan permintaan gw (sebenernya perintah si hahaha, disini gw juga pake cara paksa ala om ahau soalnya).

Jadilah tanggal 24 dan 25 maret kemarin kita mengikuti pelatihan di Sukabumi, gw bangun subuh, dan jam setengah 6 gw capcus ke gereja (tempat kumpulnya), jam 6 bus kita jalan ke Sukabumi.
sebenernya ini agak melelahkan, berhubung gw tau kalo gw udah gak punya waktu weekend dan jadwal kuliah yang menumpuk didepan mata, gw memutuskan untuk menyelesaikan tugas-tugas gw jumat kemarin, dan tugas-tugas gw itu baru selesai jam 2 sementara jam 5 gw udah bangun, alhasil selama perjalanan ke Sukabumi gw tidur di bus.

Sesampainya kita di Sukabumi, kita disambut oleh panitia-panitia yang sudah mempersiapkan acara ini, kita sempet nyanyi-nyanyi beberapa lagu sebagai pembukaan, dan disini ada sebuah lagu yang cukup sederhana namun liriknya cukup menyentuh buat gw,judulnya pekerja kristus, liriknya begini :

Telah lama kucari-cari, langkah hidup yang lebih pasti
hidup penuh kemenangan setiap hari
Suatu saat Yesus panggilku menjadi pekerja
melayani, jadi saksi bagi Dia.
Bukan sembarang perkerja (ya ya)
Yesusku luar biasa (ya ya)
Dia raja segala raja, memanggilku menuai ladangNya
Hanya anugerah semata (ya ya)
Aku dipakai olehNya (ya ya)
sungguh amat istimewah, menjadi pekerja Kristus yang mulia.

Ketika di bait "suatu saat Yesus panggilku menjadi pekerja, melayani, jadi saksi bagi Dia" gw agak merinding dan sepanjang acara bait itu kepikiran terus buat gw.
setelah mencoba fun untuk mengikuti acaranya, tibalah saat malam hari di acara inner healing atau bahasa indonesianya penyembuhan luka batin. jadi sebagai pengajar yang akan di contoh untuk adik-adik kita nanti, kita sendiri harus bisa memaafkan orang-orang yang telah menyakiti kita terlebih dahulu. saat inner healing ada sebuah lagu yang membuat gw berhasil meneteskan air mata gw, judul lagunya mengasihi, liriknya yang membuat air mata gw jatuh itu begini :

Ketika hatiku t'lah disakiti
Ajarku memberi hati mengampuni
Ketika hidupku t'lah dihakimi
Ajarku memberi hati mengasihi

Seketika pikiran gw mulai berkecamuk sendiri, seakan kembali disaat orang-orang menjudge gw dengan segala argumentnya dan sempet membuat gw jadi down saat itu dengan pandangan-pandangan negatif mereka, tapi yaudahlah, gw sadar kalo saat ini lah saat yang tepat untuk mengampuni mereka, di reff lagu ini yang membuat gw sadar kalo gw gak punya alasan untuk tidak memaafkan mereka, reff-nya itu :

Ampuni bila kami tak mampu mengampuni yang bersalah kepada kami
Seperti hati Bapa mengampuni mengasihi tiada pamrih.

Dan gw sadar kalo Bapa aja bisa mengampuni kita, gak ada alasannya kita gak bisa ngampuni sesama kita, ketika gw memutuskan untuk melepaskan dan memberi pengampunan hati gw terasa lega dan terasa lebih ringan.
setelah acara inner healing ini selesai kita kembali kekamar untuk tidur, acara selanjutnya akan dilanjutkan besok pagi.
o iya lupa cerita kalo selama ngikutin kegiatan ini kita punya point di kelompok, anggota kelompoknya gak boleh ada yang telat, kalo telat pointnya diminus sejumlah orang yang telat.

Besokan paginya gw bangun jam 5, sebenernya agak berat juga kepala gw, berhubung kemarin acara penuh seharian, ditambah lagi gw kurang tidur waktu hari sebelumnya, tapi karena gak mau ngurangin nilai kelompok akhirnya gw pun harus bangun dan mandi, ajaibnya air di kamar mandi dingin banget, siapapun bakalan males banget mandi di jam 5 dengan air yang menyerupai air es ini, akhirnya gw memutuskan untuk cuci muka dan sikat gigi aja, gak jadi mandi. (iya gw tau ini jorok, tapi yaudahlah daripada masuk angin).

pas jam menunjukkan 5:55 yang artinya tinggal 5 menit lagi, gw dapet kabar kalo ada temen sekelompok gw (denis) yang masih belom bangun, berhubung kamar denis dan kamar gw deket, gw memutuskan untuk ngetok-ngetokin pintunya sampe dia bangun, alhasil dia bangun dan kita telat. *antiklimaks*
yah, yang harusnya dia doang yang telat, gara-gara gw ngebangunin dia, jadilah kita telat bersama dan disuru maju kedepan (di pagi hari itu gw berasa eksis banget udah disuru mejeng didepan hmmm).

Setelah berbagai sesi diberikan, tibalah disatu sesi dimana pembicaranya udah menyerupai motivator dan gw merasa dikuatkan oleh dia, ada satu kalimat yang gw inget dan cukup menyentuh, dia bilang "Tuhan tidak pernah memilih orang yang siap, tetapi Ia mempersiapkan orang yang Dia pilih, bukan secara kebetulan jika saat ini kamu berada ditempat ini, karena Tuhan memang sudah mempersiapkan dan memilih kamu jauh-jauh hari sebelumnya."
gw agak shock karena memang awalnya gw menolak untuk ikut pelatihan ini, tapi karena pesan singkat om ahau yang membuat gw jadi mau gak mau mengikuti pelatihan ini, gw jadi berpikir seakan Tuhan sudah memilih gw untuk jadi pelayan dan mewartakan kasihNya kepada adik-adik remaja nanti.

Setelah semua sesi selesai, tibalah kita untuk balik lagi ke Jakarta.
dan gw merasa sangat diberkati dengan semua sesinya, bukan secara kebetulan gw mengikuti pelatihan ini tetapi karena rencana Tuhan yang telah memilih gw untuk mengikuti pelatihan ini.
akhirnya gw pulang dengan banyak berkat dan rasa haru, gw sempet berpikir, kadang Tuhan punya begitu banyak cara saat ia ingin menggenapkan rencanaNya, seperti gw yang awalnya udah menolak, dan tiba-tiba ditarik paksa untuk ikut pelatihan ini sama om ahau, coba kalo misalnya gw nolak dan gak dipaksa, mungkin gw gak akan ada di tempat ini, mungkin gw gak bakalan ikut pelatihan dan mungkin gw juga gak tau apa rencana Tuhan dalam hidup gw.
tapi setelah gw mengikuti semuanya, gw sadar kalo ini cara Tuhan memilih pekerjanya.
"Tuaian memang banyak, tetapi pekerjanya sedikit (Luk 10 : 2a)"
begitu banyak berkat yang gw terima dan gak ada alasan untuk menolak membagikan berkat yang sudah Tuhan berikan ini kepada gw kepada adik-adik remaja nanti *wink* ,"Sebab Bapa, seumur hidupku, aku mau menyembahMu."


0 comments:

Post a Comment