Tuesday, April 3, 2012

Just Share

*udah lama yah gak curcol, mumpung lagi ujan kita curtem yukk (curcol time maksudnya) (iya ngaco, tapi bodo amat deh)*

Minggu ini bener-bener merupakan minggu yang random buat gw.
jadwal kuliah gw full dari senin sampe sabtu (yah, ini bukan jadwal yang wajar tapi inilah kenyataannya), tugas gw numpuk dan beberapa kegiatan gw tetep berjalan seperti biasa, padahal gw berharap ada yang ditunda gitu karena alasan demo, at least buat gw istirahat sebentar aja.
jadwal tidur gw pun udah gak karu-karuan sebenernya, dan setiap gw bangun gw selalu merasa waktu tidur gw masih kurang.
capeknya gak usah ditanya, rasanya pengen showeran sambil nyiletin tangan (uuoo ini serem!) enggalah, ini cuma biar agak ekstrem dramatis gimana aja gitu wkwkwk (hmm kalo ketawanya wkwkwk bacanya gimana? wokwokwok, wekawekaweka, atau wekwekwek???)

Iya, jadi ceritanya setelah pulang dari Sukabumi, hari seninnya gw udah menjalankan aktivitas lagi seperti biasa, uniknya dalam minggu ini lagi banyak-banyaknya demo soal kenaikan BBM, nah disini sebenernya gw udah mupeng (muka pengen) banget bolos atau setidaknya pengen banget diliburin, tapi ternyata dewi fortuna lagi gak berpihak sama gw deh, kuliah berjalan biasa aja dan mereka malah pada bilang kalo daerah kita jauh dari titik demo, makanya gak akan ada apa-apa (iya, kampus gw emang jauh dari titik demo, tapi rumah gw? perjalanan gw kesana?)

Dampak dari demo ini adalah : gw sempet kejebak macet 1,5 jam ; sempet parno gak bisa balik gara-gara toll diblokir ; dibuat galau sama mama gara-gara disuru gak masuk ; dll (kata dll seolah-olah banyak banget yah dampaknya hihihi *agak lebay emang*)

Yah, beberapa hari yang lalu bahkan gw sama temen gw sempet parno gara-gara udah dapet kabar kalo jalan ke Jakarta udah macet, pendemonya pada dateng ke DPR/MPR, toll bahkan udah diblokir, selesai kuliah pertama kita langsung diskusi berdua, dan ternyata beberapa temen gw yang lain juga pada dapet kabar yang sama dari kerabat mereka (temen-temen yang pada kost dan mau balik ke Jakarta), alhasil kita pergi ke salah satu kost-an temen gw buat nonton berita, gak ada info yang aneh-aneh si tentang pemblokiran jalan, salah satu temen gw yang berinisiatif menelfon info toll juga gak dapet kabar kalo toll diblokir (entah emang beneran gak diblokir atau itu petugasnya males periksa, tapi yaudahlah intinya aman). dengan kepercayaan diri yang tinggi gw pun langsung tenang karena setidaknya tetep bisa pulang, tapi ternyata rasa tenang gw cuma seketika, soalnya gak lama kemudian mama telfon dan dia kaget denger gw kuliah, soalnya paginya dia udah ngelarang banget gw pergi kuliah (jujur aja si gw seneng, tapi masalahnya kelas PR gw gak bisa ditinggalin, karena materinya bisa dapet kalo kita denger dosennya ngejelasin, gak ada dibuku), dan mama pun marah-marah, marahnya juga makin nambah pas dia tau gw gak bisa balik gara-gara dia denger kabar massa makin banyak ke Jakarta dan memblokir jalan toll *eerrr* isi omelan mama yang tanpa jeda itu kira-kira gini : "Udah dibilang gak usah kuliah! bandel si jadi anak! sekarang pulangnya gimana? gak bisa kan! udah gak usah pulang, nunggu aja disana!" dalem hati gw cuma bisa berkata "mati gue."
rasa frustasi gw memuncak lagi setelah rentetan keparnoan nyokap yang suru gak pulang dulu, sebenernya disini gw lebih panik karena nyokap panik (bingung kan bacanya? yah gw juga.)
tapi gak berapa lama nyokap telfon lagi dan bilang "udah aman tuh sekarang, lagi pada sholat jum'at, cepetan balik! kelas yang lainnya bolos aja!" *tut tut tut* --> nyokap sama sekali gak kasi gw ngomong apapun, langsung dimatiin telfonnya. dan tanpa gw ngomong ternyata nyokap juga udah tau kalo gw masih ada satu kelas lagi, hmmm mungkin ini yang dinamakan telepati antara ibu dan anak.

Akhirnya dengan navigasi teman-teman yang berada di daerah cengkareng sekitar, serta teman-teman yang baru aja melewati toll karang tengah, gw dan teman gw pun memutuskan untuk balik.
pas ditengah jalan gw dapet kabar kalo gerbang palem udah ditutup setengah (kampret, temen gw yang ngabarin kayak gini beneran bikin gw tambah parno, gw pikir massanya udah makin brutal mau ngerusuh), gara-gara dia gw pun menyarankan temen gw buat lewat jalan belakang, lewat sumur bor, dan disana kita kejebak macet, nice!
padahal kalo lewat jalan depan ternyata gak ada apa-apa, gerbangnya ditutup sebelah cuma buat jaga-jaga aja.
setelah berhasil bergelut dengan keparnoan, akhirnya sampailah gw dirumah manis rumah (home sweet home maksudnya) dan gw pun bisa bernapas lega.

Sebenernya kejadian yang lebih seru terjadi pada malam hari, saat dimana para wakil rakyat menggelar rapat paripurna.
awalnya gw cuma berencana ke wc sama mau ambil minum, pas gw keluar kamar ternyata TV diruang keluarga masih nyala dan gak ada yang nonton, tapi anehnya suaranya seru banget kayak lagi film perang gitu deh, nah karena gw lagi pengen kepo akhirnya gw tonton deh itu, dan diluar dugaan boo ternyata DPR kite lagi rapat, 5 menit pertama gw nonton sendiri, tapi berhubung makin seru dan berasa agak laper akhirnya gw bangunin nyokap (sebenernya gw bangunin nyokap minta dimasakin indomie tapi nyokap malah ikutan nonton eerrrr).
serius deh, kalo dulu Gusdur pernah bilang DPR kita itu kayak taman kanak-kanak gw rasa beliau benar tapi buat gw satu tingkat dibawahnya lagi mungkin, soalnya itu rapat malah jadi ajang tereak-tereak "pimpinan! pimpinan! interupsi pimpinan! pimpinan!" dan semua rata-rata pada berebutan ngomong tanpa ada yang mau mengalah ckckck.. (agak malu sebenernya nonton cara rapat mereka yang agak kampsupay eheheh).
yang lebih antiklimaksnya lagi pas ditengah-tengah rapat ada suara "charging started!" ahahaha itu loh aplikasi bb yang kalo ngecharge ada bunyinya yang begitu (dan langsung jadi trending loh di twitter), terus mana ketika semua berebutan ngomong dan gak setuju pada maju-maju lagi (yaampun, is it what people call educated?), dan 2 partai pun memutuskan walk out (Hanura dan PDIP).
setelah banyak cingcong dan segala macem karena orang-orangnya yang pada melek hukum dan membawa-bawa pasal terus, akhirnya keputusan akhirnya pun "kenaikan BBM ditunda 6 bulan lagi"

Jujur aja gw agak kecewa dengan keputusan ini, kenapa?
pertama oke BBM gak jadi naik tapi kalian tau gak kalo harga-harga udah pada naik, dan penundaan kenaikan hanya membuat kita mengalami kenaikan harga 2 kali ditahun ini, pertama sekarang, kedua nanti setelah BBM dinyatakan resmi naik.
kemudian, keputusan pemerintah yang seolah-olah melindungi rakyat kecilnya ini hanya topeng! mereka cuma cari muka untuk kepentingan mereka sendiri, dan bukan benar-benar ingin melindungi orang miskin (i'm sorry to say it), mereka menggunakan alasan melindungi orang kecil padahal mereka tahu kalo mereka gak menaikan harga BBM rakyat kecil malah tambah sengsara lagi, why? lemme explain :

subsidi BBM kita 80% dinikmati oleh orang-orang kaya yang sebenarnya mampu membeli pertamax, tapi kenapa mereka lebih suka pakai premium? karena harga pertamax hampir dua kali harga premium, yang menyebabkan terlalu senjang, kalo pemerintah menaikkan harga premium, yang artinya harga premium dan pertamax cuma beda tipis, otomatis orang-orang kaya yang kalangan atas akan mikir buat beli pertamax aja, selain bedanya tipis, kualitasnya lebih bagus lagi, untuk mesin juga lebih bagus.
selain itu apakah mereka tahu kalau BBM kita terendah di dunia? di Malaysia harga perliternya sekitar 2 ringggit lebih atau Rp 7.000, di Vietnam Rp 10.000, di Thailand sekitar kurang lebih 40 bath atau Rp 11.000, di Filipina Rp 12.000, di Singapura Rp 16.000, di China sekitar Rp 9.200, di India Rp 12.000, di Australia Rp 14.200, di Korea Selatan Rp 16.000, dan yang paling mahal di Jepang, sekitar Rp 17.000
see, dengan keadaan minyak dunia yang sedang mengalami kenaikan dan negara timur tengah yang sedang perang, kita tetaplah termurah jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.
selain itu hal yang mengejutkan lainnya adalah ketika ada ketua BEM (wakil mahasiswa) yang bilang kalo Indonesia melimpah minyak, hello!! dia sadar gak si dia lagi ngomong apa? koq jadi ketua BEM kayak gak berpendidikan gitu, semacam minim pengetahuan. minyak apa yang melimpah? minyak kelapa? minyak sayur didapur? yah, kita memang punya minyak, tapi jangan lupa kalo kita udah keluar dari OPEC tahun 2008, dan sekarang kita jadi mengimport dari negara tetangga, selain itu minyak yang kita miliki adalah minyak mentah yang belum dikelola, untuk mengambil minyak mentahnya aja bahkan pemerintah membutuhkan biaya Rp 5.600 (itu sama sekali belum dikelola) ketika udah dikelola di negara lain dan mengambil yang sudah siap pakai, harusnya untuk balik modal aja pemerintah harus menjualnya dengan harga Rp 9.500 perliter (sekali lagi ini baru balik modal dan belum untung), untuk memperoleh keuntungan harusnya pemerintah menjual sekitar Rp 10.000 - Rp 11.000 tapi kenyataannya BBM kita hanya akan naik Rp 6.000 dan kebayangkan berapa yang pemerintah kita butuhkan untuk subsidi? ditambah dengan volume kendaraan yang membeludak setiap hari.
itu dampak mikronya, sedangkan makronya?
kalo pemerintah gak menaikkan harga BBM otomatis subsidi anggaran pemerintah akan bertambah, APBN kita makin membengkak, tidak menutup kemungkinan kita menambah hutang, kalo hutang kita bertambah lagi nilai rupiah akan semakin melemah terhadap dollar, kalo nilai rupiah semakin melemah otomatis investor asing akan menarik modalnya (karena uang mereka menjadi kecil), kalo investor asing menarik modal otomatis banyak orang-orang di PHK dan akhirnya semakin banyak pengangguran, tanggungan pemerintah semakin banyak dan siklus ini terus berputar, what's the point? yah you know lahh, negara ini bisa jadi apa.
sebenarnya ada cara lain jika pemerintah ingin melindungi rakyat kecil, bukan dengan cara gagal menaikan BBM ini, permerintah bisa mengeluarkan peraturan "orang yang memiliki mobil wajib menggunakan pertamax, berapapun CC-nya" ; pajak kendaraan dinaikkan setinggi mungkin seperti singapore yang akhirnya membuat orang-orang lebih memilih menggunakan public transportation ; jangan memberikan subsidi BLT (bantuan langsung tunai) karena ini terbukti sama sekali gak efektif, tapi kasi subsidi ke kendaraan umum, pasar-pasar tradisional, sehingga rakyat tetap membeli kebutuhannya dengan harga terjangkau ; dan yang terakhir sapu bersih korupsi dengan cara memiskinkan para koruptor, jadi bukan cuma ditangkep aja tapi juga harus dimiskinin semua hartanya, gak peduli yang mana harta asli dia yang mana harta hasil korupsinya yang penting dimiskinin! dan tuntasin para koruptor.

Hmm.. sebenernya kalo ditanya gw setuju atau engga dengan kenaikan BBM, jujur aja yah gw juga masih anak yang minta uang sama orang tua, belom ngerti kerasnya nyari uang tapi yang pasti kalo BBM naik otomatis gw juga harus memboroskan sedikit uang untuk beli makanan yang harganya udah naik, dan gw harus mengeluarkan uang ekstra untuk beli BBM (gak tau si yah pertamax ikutan naik apa engga, tapi kan setau gw dia mengikuti harga minyak dunia yah) dan juga tanpa kenaikan uang jajan, tapi gw rela koq kalo emang tujuannya membuat negara ini lebih baik lagi.
Tapi sekarang gw malah kecewa, gara-gara BBM gak jadi naik dan harga-harga udah terlanjur naik, otomatis udah negaranya gak membaik, uang ekstra keluar pula, yayaya thanks anyway to whoever made this condition complicated.

0 comments:

Post a Comment