Monday, June 4, 2012

Nothing is Permanent Except Change

Gak ada sesuatu yang tetap kecuali perubahan.
hanya permasalahannya perubahan itu terjadi dengan cepat atau lambat, tapi yang pasti ia akan berubah.

Waktu mendengar quote ini dari pak Eduard gw langsung berpikir bahwa inilah jawaban kenapa kita harus move on setiap hari, yah karena segala sesuatu pasti berubah.

Terkadang mungkin banyak orang-orang disekitar kita yang tanpa dia sadari dia telah berubah, atau bahkan diri kita sendiri yang terkadang kita merasa kita tetap sama, tapi ternyata menurut orang lain kita telah berubah.
gak ada yang salah dengan perubahan itu, hanya saja setiap perubahan pasti membutuhkan adaptasi yang baru lagi.

See, sebegitu kompleksnya hidup ini dan kita harus selalu siap dengan perubahan baru yang terjadi, that's why, nothing is permanent in the world.

Kemarin papa sempet ke Malang buat acara sama geng sepedanya, ceritanya mereka lagi on road ke Malang, pesawat papa flightnya pagi, jam setengah lima doi udah ke airport, jadi gw gak sempet peluk-pelukan, soalnya masih tidur (berasa babi yaa, tidur lebih penting hahaha).
pas pulangnya koko lagi ziarah ke daerah Rangkas Bitung gitu jadi juga gak bisa jemput papa ke airport, berhubung nyokap gak percaya dengan kemampuan gw menyetir, jadilah papa pulang sendiri lagi dengan taksi.
Pas papa sampe di depan gerbang, gw langsung tereak "papaaaaaaa!!!" terus langsung meluk papa, bokap cuma ketawa and the first sentences from him are "hallo yank", seketika gw langsung diem dan berasa kalo gw balik kebeberapa tahun lalu ketika gw masih kecil.
Jadi waktu masih kecil setiap kali papa pergi keluar kota terus pulang gw selalu melakukan hal yang sama, tereak "papaaaaaa" terus langsung minta di gendong, bedanya kalo sekarang gw udah gede, gak mungkin juga minta papa gendong, yang ada kita berdua bisa sama-sama nyungsep lagi. panggilan kesayangan papa itu "ayang" dulu si papa suka manggil gw dengan sebutan itu, tapi entah sejak kapan seiring dengan perkembangan usia papa udah jarang banget manggil gw "ayang" paling banter juga "melie" kalo engga "dede", yang kedua lebih sering sih.
yah, gw berasa flashback saat itu dan ini yang gw bilang nothing is permanent except change, gw berasa udah banyak yang berubah, dan terkadang keadaan sebelum berubah itu yang bikin kangen.

Atau ketika dulu gw masih tidur sekamar dengan koko, dulu ranjang kita itu ranjang susun, atas bawah, nah karena gw sering merasa takut tidur sendirian, gw sering banget tidur bareng koko atau tidur dikamar mama papa. kadang kalo gw merasa takut  koko suka bilang "udah gak usah takut, kalo setan kelitan sama kita itu artinya dia lagi sial! sini di dongengin aja" dan biasa koko bikin dongeng bodoh yang gak masuk akal tapi ampuh bikin gw tertidur *lhooo* iya, gw merasa kalo ada nominasi pendongeng terbaik mungkin gw akan menganugrahkannya kepada dia. meskipun ceritanya bodoh, gak masuk akal, dan diceritakan secara spontan tapi saat itu cerita dia bisa bikin gw tidur pules.
sekarang boro-boro yah di dongengin lagi, yang ada dia juga udah pusing sama cewek dan skripsinya.
terus seiring dengan perubahan usia kita juga udah punya kamar masing-masing.
gw inget dulu waktu masih kecil kalo lagi diganggung sama anak-anak iseng, koko selalu ngejagain sambil bilang "udah jangan takut, ada gw disini", sekarang kalo gw mau kemana-mana jawabannya "aduh de, gw sibuk nih, lu kan udah gede pergi sendiri aja sana."

Mama juga sama, dulu gw itu kayak tikus kata mama, jadi setiap kali mama pulang kerja gw langsung ngambil tas kerja mama terus buka-buka dan gw selalu menemukan makanan di dalam tas kerja mama, kadang kue, kadang makanan snack atau permen susu, pokoknya pasti ketemu makanan, dan belakangan gw baru tau kalo mama emang sengaja beli sesuatu dulu sebelum pulang kerja, karena mama tau kebiasaan gw buka-buka tas kerjanya dia buat nyari makanan. sekarang udah gak ada lagi buka-buka tas kerja, yang ada gw diomelin mungkin, kalo mama pulang kerja dan ribut laper, yang ada gw disemprot dengan "emang di lemari gak ada makanan?"  "emang gak bisa masak indomie?" atau yang paling parah "udah dikasi uang bulanan buat apaan aja itu uang?"

yahhh begitulah cara semesta berevolusi.

ketika gw ketemu temen SD atau SMP gw yang dulu masih kayak alay nan ababil sekarang udah menjelma menjadi orang-orang dewasa, dengan dandanan yang jauh dari kata alay, dengan penampilan yang jauh dari kata ababil dan dengan pembawaan yang jauh dari kata sekia, padahal gw dulu inget gimana mereka masih suka berantem, masih suka disuapin pas makan, masih suka ngelawan guru, masih suka sok keren dengan rambut gel.
kemarin gw sempet contact ko anes, dia temen koko gw waktu masih SD, dulu waktu masih suka ke rumah yang gw inget ko anes itu pemalu, dan super sabar kalo dicurangin. sekarang dia malah udah menjelma menjadi orang IT, pekerjaan yang gak pernah gw tebak untuk orang seperti dia.

Yah, banyak yang berubah dari hidup ini.
termasuk orang-orang disekitar kita.
sometimes I miss the old them :')
tapi kembali lagi "life must go on", gak mungkin kita mengembalikan semua ke masa lalu. mungkin saja dengan keadaan yang sekarang mereka lebih bahagia, lebih baik lagi hidupnya. dan ketika kita meminta mereka kembali seperti yang dulu, itu hanya ego kita.

Dan akhirnya inilah hidup, tidak ada yang pasti kecuali perubahan itu sendiri, mungkin tanpa disadar gw juga telah berubah.
well, berubah menjadi baik atau engga itu hanya bisa dinilai dari orang lain. siapapun pasti mau untuk berubah menjadi lebih baik lagi.
akhirnya melalui postingan ini juga gw mau minta maaf bagi siapapun yang merasakan perubahan kecil atau besar yang sudah terjadi di hidup gw, termasuk ketika perubahan itu menyakitkan hati kalian, trust me, bukan keinginan gw untuk berubah, hanya saja tidak ada yang pasti dalam hidup ini :')
I love yall guys :)

Quote from pak Eduard yang bikin gw kembali bangkit "If you can't fight for your self, don't expect others to fight for you."

0 comments:

Post a Comment