Wednesday, February 22, 2012

Masa Prapaskah telah Dimulai Hari Ini

Tepat hari ini seluruh umat katolik memasuki masa prapaskahnya. Masa dimana selama 40 hari kedepan seluruh umat katolik diminta untuk berpantang dan berpuasa di hari Rabu abu dan Jum'at agung, selebihnya bagi yang niat boleh melakukan pantang dan puasa selama 40 hari berturut-turut tapi yang wajibnya setiap hari Jum'at dalam masa 40 hari ini seluruh umat katolik wajib berpantang (berpuasa juga boleh si tapi gak wajib) dan puncaknya nanti akan diakhiri dengan paskah yang sebelumnya harus melewati tri hari suci dulu (Kamis putih, Jum'at agung, Sabtu sepi).

Bagi gw masa prapaskah merupakan kesempatan emas untuk masa pertobatan.
Hari ini merupakan Rabu abu atau awal masa prapaskah dimulai, ada kaliamat menggelitik yang gw rasakan pada saat misa tadi, kalimat penutup yang romo ucapan "selamat memasuki ret-ret agung" seolah-olah ingin mengingatkan kalau inilah saatnya untuk kembali bertobat kepadaNya, yang akhirnya membuat gw sadar bahwa Tuhan itu baik bahkan terlalu baik untuk kita semua.

Setelah merenungkan kotbah tadi, gw seperti disadarkan bahwa gw sebenarnya telah merasakan pengalaman rohani terlebih dahulu sebelum memasuki masa prapaskah, pengalaman rohani yang unik yang akhirnya sempat membuat mata gw memanas saat perjalanan pulang dari gereja tadi, bahkan sampai detik ini ketika gw mengetik post ini.

Bermula dari cerita KEP, dimana semakin kesini semangat gw untuk mengikuti kursus evangelisasi di gereja sudah mulai menurun, pernah gw cerita ke nyokap dan Alfred, rasanya koq semakin kesini semangat gw udah mulai turun dan bahkan tidak jarang gw merasa tawar setiap selesai KEP, seperti gak ada berkat lagi yang gw bawa pulang. sampai di satu titik gw memutuskan untuk berhenti mengikuti KEP ini, karna gw mulai berpikir "kalo emang belum siap yah gak usah dilanjutin aja".
Sekali waktu gw bawa perasaan bimbang gw ini dalam doa, gw tanya sama Tuhan sebenernya gw ini beneran dipanggil buat jadi pewartanya apa engga, disitu gw curhat sama Tuhan kalo gw jenuh, gw udah mulai berasa capek dengan jadwal kuliah, gw udah mulai bosen dan merasa belum siap dan keluhan-keluhan sebagainya, sampai gw tutup dengan kata "biar apapun yang terjadi, terjadilah sesuai kehendakMu Bapa."
minggu berikutnya gw masih gak menemukan jawaban dari masalah gw ini dan gw tetap bulat dengan keputusan untuk berhenti ikut KEP dengan meyakini kalo gw emang belum terpanggil buat jadi pewarta. sampai dihari itu akhirnya gw memutuskan engga ikut KEP, pas gw udah memutuskan gak dateng, tiba-tiba bokap nanya ke gw "koq gak ke gereja? emang gak ada KEP?" terus dengan singkat gw jawab "males ahh." bokap dengan santainya ngomong "makanya kalo belom siap jangan ikut aja dari awal, udah tanggung gini males-malesan, kalo emang mau yah selesaiin, ngerjain sesuatu tuh jangan setengah-setengah!"
gak tau kenapa gw tiba-tiba jadi sedikit emosi denger bokap ngomong kayak gitu (maklum masih labil) wahh gw tiba-tiba merasa tertantang, seolah-olah bokap ngeledekin gw yang kalo kerja setengah-setengah, akhirnya karna jiwa muda gw yang masih labil tiba-tiba bergejolak, gw langsung ganti baju dan keluarin motor sambil bilang "liat nih yah dede gak pernah setengah-setengah!" (masih emosi juga ngomongnya) terus langsung cabut ke gereja, dijalan rasa males gw muncul lagi, pikiran gw saat itu cuma "harusnya tadi gak usah ngeladenin papa ngomong apa" , pengen balik pulang juga rasanya, tapi malu. akhirnya sampe lah gw di gereja waktu itu gw sampe udah telat 10 menit tapi yah kalo telat emang gak masalah sih.
selesai KEP hari itu, seperti biasa rasanya tawar banget pelajarannya, gw gak konsentrasi dan akhirnya gak nyambung sama sekali sama pelajaran hari itu. gw bbm-an sepanjang pelajaran, buka twitter, baca kompas.com dan liat-liat online shop *iya gw tau pasti rasanya tuh pengajar gedeg banget sama gw yang sibuk ber-BB ria sepanjang pelajaran*.
Besokannya, tiba-tiba gw dapet BBM dari ci Justine (ketua mudika wilayah), isi BBM nya singkat, nanya gw dari lingkungan mana, setelah gw bales, ci Justine langsung bilang "kamu jadi ketua mudika lingkungan yah." gw shock bacanya dan sempet menolak juga, disaat gw aja lagi pusing dan lagi gak bisa ngatur waktu diminta pula jadi ketua mudika lingkungan, gw tolak dengan cara halus "wahh tugasnya ngapain ci, gak mau pake pemilihan dulu? biar agak demokrasi aja gitu hehehe" (ini isi BBM yang bener-bener gw bilang ke ci Justine),
ci Justine cuma bales "gak usah deh, kamu aja, tugasnya gampang koq gak susah, mau yah?" setelah nolak panjang lebar dan ci Justine tetep kekeuh minta gw jadi ketua mudika lingkungan, gw bingung dan dilema, gak enak nolak akhirnya gw cuma bilang "yah aku coba dulu aja deh ci."
besokannya om Ahauw (ketua lingkungan) telpon ke rumah, kemungkinan dia udah dapet info dari ci Justine kalo gw yang koordinasiin mudika lingkungan sekarang, dalam telponnya om Ahauw cuma bilang kalo dia sebenernya sempet bingung juga mau nunjuk siapa buat jadi ketua mudika lingkungan, akhirnya karna ci Justine juga udah langsung memilih, jadilah dia menyetujui. gw rada speechless sebenernya, gw mikir tugasnya ngapain yah? ketua mudika yang dulu aja lebih senior baru bisa jadi ketua mudika, nah gw masih ingusan gini, setiap pertemuan mudika cengengesan, bercanda-bercanda sampe ngediriin kelompok ABG labil (ababil) sekarang disuruh jadi ketua, pikiran gw langsung mumet.
Belom selesai masalah ketua mudika lingkungan sekarang muncul lagi masalah baru, ci Justine BBM lagi, kali ini dia suru gw langsung jadi sekertaris mudika wilayah, OH MY GOD! pikiran gw langsung tambah mumet kuadrat, tahap lingkungan aja belom lewat ini langsung express disuru ngurus wilayah *tiduran di aspal*
seperti yang sudah-sudah gw menolak lagi secara halus "ci, kan baru diangkat jadi ketua mudika lingkungan, masa langsung wilayah hehehe" (kira-kira gitu isi BBM nya, lupa juga soalnya) dan ci Justine cuma bales "iya gpp, abis belom ada yang jadi sekertaris, jabatan kamu langsung naik aja, terus nanti yang jadi ketua mudika lingkungan wakil kamu, jadi wakil kamu juga naik." (disini gw berasa keren banget, kata-kata "naik jabatan" itu menggambarkan kalo hasil kerja gw bagus banget dan memuaskan, kenyataannya gw belom kerja apa-apa sama sekali, orang baru diangkat jadi ketua mudika). gw tolak lagi "mmm.. yang lain aja deh ci heheh" ci Justine cuma bilang "ga ada nih." dan dengan penuh basa-basi gw bilang "yaudah gini aja deh aku bantu-bantu aja yah tugas sekertaris" dan ci Justine bilang "oke, kamu ngerangkap aja yah" gw cuma bales "heheh ngerangkap?" (belaga bego) ci Justine bilang "iya-iya, sambil bantu-bantu" gak pengen mikir panjang lagi akhirnya gw memutuskan "oke". besokannya gw mikir gila kali gw, les belom selesai, KEP belom selesai, kuliah pulang sore, disuru ngerangkap di mudika juga yang jelas-jelas gw gak tau seluk-beluknya, gw langsung galau *showeran*
tapi emang dasar gw gak mau pusing akhirnya gw pendam perasaan galau gw, hari-hari berselang dan tibalah hari Selasa lagi, hari KEP. setelah gw diangkat menjadi ketua gw langsung seperti mendapat suntikan energi kalo sebagai ketua gw gak bolah malu-maluin nih, harus banyak belajar dan nanya-nanya senior, berhubung yang senior kebanyakan di KEP (baca : tante-tante dan om-om) jadilah hari Selasa itu gw ikut KEP lagi. (ini serius emang kebanyakan peserta KEP tante-tante dan om-om kece yang aktif dilingkungan atau wilayah, beberapa bahkan ketua lingkungan).
Dihari Selasa itu pengajar gw tiba-tiba bilang gini "Jadi pewarta itu bukan jadi orang yang kemana-mana bawa kitab terus nyeritain tentang Yesus, tapi jadi pewarta itu bisa juga berupa menjadi ketua lingkungan" tiba-tiba pikiran gw langsung berputar ke hari-hari yang udah lewat, seperti flashback saat gw memutuskan untuk gak ikut KEP lagi, saat gw bilang gw belom siap jadi pewarta, saat ci Justine tiba-tiba gak ada angin gak ada ujan ngangkat gw jadi ketua mudika lingkungan, saat tiba-tiba disuru ngerangkap diwilayah dan sampe saat ini, seolah-olah gw menyadari sesuatu kalo sebenernya doa gw udah dijawab sama Tuhan dan Dia pengen gw jadi perpanjangan tangannya, gw sempet merinding dan terharu selesai pengajar itu tiba-tiba bilang kalimat-kalimat itu, dan sampe detik ini gw yakin kalo gw pasti bisa, bukan karna gw mampu, tapi karna Tuhan yang memampukan gw untuk menjadi pewarta kasihnya, terima kasih Tuhan atas kesempatan indah dan pengalaman rohani yang begitu menyentuh ini.

Saat gw mengetik post inipun mata gw masih panas dan pengen nangis rasanya, karna seperti yang gw bilang tadi Tuhan itu baik dan terlalu baik untuk kita, buat gw pribadi gw merasa bersyukur mengalami pengalaman rohani sebelum memasuki masa prapaskah ini, dan dimasa prapaskah ini rasanya gw ingin banget lebih dan lebih lagi dekat dengan Tuhan.
sempet dulu lele ngetweet dan gw retweet tweetnya dia yang berbunyi "bukan karna kuatku, bukan karna hebatku, tapi semua karna kasihMu yang kau berikan kepadaku" dan hari ini gw telah merasakan kasihnya yang begitu hebat dan luar biasa, sehingga gw juga ingin membagikannya kepada para bloggers tentang pengalaman kasih yang telah gw terima ini :')

Akhirnya gw mengucapkan "Selamat memasuki masa prapaskah, selamat memasuki ret-ret agung bagi teman-teman dan para bloggers yang menjalankan, semangat pantang dan puasanya, carilah dahulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu, temukan pengalaman rohani yang mengesankan selama masa prapaskah ini dan Tuhan Yesus memberkati kita semua. amin :)"

0 comments:

Post a Comment