Thursday, February 16, 2012

She had Gone

Siang-siang gini pengen curcol nih rasanya :'(

Jadi gini, udah hampir 6 bulan ini gw gak punya pembantu, pembantu terakhir di rumah gw namanya Ooy (iya emang agak aneh-aneh merinding gimana gitu sih namanya), yahh tapi itu emang nama asli dia sesuai KTP. jadi si Ooy ini tuh umurnya sama kayak gw, cuma agak kasian si sebenernya, soalnya dia bilang dia putus sekolah gitu terus disuru kerja sama orang tuanya, gw agak iba sebenernya sama hidup dia, di saat gw bisa menikmati hidup gw dengan pendidikan yang cukup, Ooy malah berjuang ke kota orang untuk mempertahankan hidup, kasihan sekali nasib Ooy :'(
Eh! tunggu ini gw lagi mau marah-marah kenapa jadi iba gini sama Ooy -_-'
Jadi gini emang si Ooy ini kasian tapi ada satu yang bikin kesel, si Ooy ini rada bolot gimana gitu deh, tiap disuru cuma iya-iya tapi gak ada yang beres pernah gw suru beli siomay dia malah manggilin tukang bakso! adoohh.. belom lagi kalo disuru ngegosok baju yang mau dipake, dia malah diemin tuh baju, pas ditanya koq gak langsung gosok dia malah bilang "Oh, sekarang yah?" gondok 7 inchi langsung tenggorokan gw.
oiya! pernah juga (sebenernya yang ini kasian si) dia beli hp terus katanya hp baru, pas itu chargerannya rusak, terus dia tanya gw (ini hp pertama Ooy) pas gw buka ternyata itu hp second, kenapa gw tau, soalnya di batrenya ada tanggalan yang dicentang dan tahunnya, fix saat itu Ooy ditipu beli hp second dengan harga baru.

Cerita dimulai saat Ooy pulang kampung lebaran kemarin. awalnya Ooy janji bakal balik lagi, soalnya dia betah kerja disini (menurut pengakuan dia ke nyokap sih).
pas gak lama udah melewati tanggal yang harusnya dia balik, nyokap telpon ke hp dia, awalnya diangkat tapi gak ada suara (mungkin signalnya jelek) jadi mereka berdua cuma halo-halo an doang, akhirnya nyokap pun inisiatif buat SMS Ooy, isi SMS-nya kira-kira gini :

To : Ooy
Message : Ooy, kamu dimana? ini ibu. katanya kamu mau balik, sekarang udah di Jakarta belom?

gak lama berselang Ooy pun membalas SMS nyokap :

To : Ibu
Message : Ibu maaf Ooy gak bisa balik lagi soalnya ibunya Ooy gak ngijinin balik, Ooy disuru bantuin nyangon sawah di kebun. maaf yah bu, selamat hari lebaran yah bu, mohon maaf lahir batin.

(ini si Ooy pinter loh jadinya pas begini pake ngucapin lebaran-lebaran segala, padahal lebarannya udah lewat 2 minggu waktu itu, hmmm pasti biar nyokap iba ngebacanya).
Dan yang bikin gw shock adalah Ooy memilih buat nyangonin sawah daripada balik ke Jakarta, Oh tidakkkk!! mana cari pembantu sekarang susah lagi dan cari yang cocok juga susah, nih yah biar gimanapun meski si Ooy ini rada kurang satu ons otaknya tapi paling engga dia tuh gak genit sama satpam meskipun tampangnya lumayan sih (soalnya dulu gw pernah punya pembantu, jelek, item, tonggos tapi centilnya gak ketolongan, tiap sore tebar pesona ke pos satpam), terus Ooy juga gak bau ketek (dulu pernah pembantu gw keteknya bauu banget sampe rasanya gw juga gak betah dirumah, tiap ketemu dia gw langsung cepet-cepet tahan napas, gila dari kecil makan kambing kali), udah gitu Ooy jujur, gak suka yang aneh-aneh (pernah nih yah ada pembantu gw yang kerjaannya nyolong mulu, tiap disuru bersihin kamar barang gw ada aja yang ilang dari jepitan, baju, buku komik, buku novel, sampe buku diari gw juga dicolong sama dia Oh my Gosh! dia bukan hanya menyolong buku diari gw tapi dia juga menyolong privasi gw hikksss), Ooy juga gak nyolot orangnya (ya iyalah, gimana mau nyolot orang agak bolot gitu. gw pernah punya pembantu bekas TKI di arab behhh lu tau gak itu pembantu gw nyolotnya minta ampun berasa gw jadi pembantunya dia loh, tiap kali gw suru dia malah balik nyuru gw, sampe gw merasa ini yang pembantu yang mana yah?), terakhir Ooy itu gak males (jadi dia udah kayak robot yang tersetel kerjaannya tiap hari, kalo urusan bersih-bersih, dia sih oke lah, cuma kalo ada tambahan perintah aja yang bisa bikin lu nangis garuk-garuk tanah kalo ngomong sama dia).

Perjalanan gw dimulai ketika Ooy kekeuh mau nyangonin sawah ibunya.
rasanya seperti di dongeng-dongeng Cinderella gitu deh, dari seorang putri tiba-tiba jadi upik abu. *antiklimaks*
bukannya nyokap gak berusaha mencari pengganti Ooy tapi nyari pembatu jaman sekarang susah banget, rata-rata mereka maunya jadi buruh, atau pelayan toko, atau kerja di salon.
karena gw anak perempuan satu-satunya dirumah, otomatis pekerjaan Ooy jatuh ke tangan gw :'(
gw jadi mulai akrab sama setrika, kain pel, sapu, sabuk cuci piring, kain lap, vacum cleaner dan panci masak nasi *brb meratapi nasib*
awalnya gw jadi kayak gak ke urus gitu, pernah satu kali, biasanya kan Ooy yang panasin sayur sore-sore jadi sebelum gw pergi les, gw makan dulu. nah pas hari itu gw baru selesai ngepel jam 5, dan di jam 5 itu gw ada les, jadilah gw cepet-cepet mandi dan berangkat les tanpa makan terlebih dahulu, alhasil perut gw yang belom diisi 5 jam langsung bunyi kenceng banget lagi kayak ada speakernya *aaarrgggghh, brb lagi, tutupin muka pake bantal*

Setelah Ooy pergi gw baru menyadari arti pentingnya Ooy di hidup gw T_T
harusnya dulu gw gak galak-galak sama Ooy meskipun dia bolot, harusnya dulu gw sabar sama Ooy, harusnya dulu kalo Ooy mau ngegaul di taman sama pembantu-pembantu yang lain gw ijinin, harusnya gw pinjemin semua komik dan novel gw sama Ooy biar dia betah kerja disini, harusnya dulu gw bagi setengah uang jajan gw buat dia, biar dia seneng dan bisa cepet-cepet beli sawah di sebelah sawahnya (oke mulai disini otak gw udah agak eror, yang ada harusnya dia gak ada sawah, jadikan mau gak mau dia balik ke Jakarta).

Terakhir, pesan untuk Ooy : "Kembalilah Ooy, Jakarta lebih baik untukmu daripada sawah, percayalah, kerja di Jakarta adalah tempat yang lebih baik daripada nyangonin sawah. Semoga kamu sadar Ooy dan cepat kembali, kami disini merindukanmu".

0 comments:

Post a Comment